Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra

Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra
judul artikel : Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra

lihat juga


Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra

Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra
Dalam ilmu sastra, cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra. Cerpen itu sendiri merupakan kependekan dari cerita pendek. Sesuai dengan namanya, cerpen merupakan cerita yang relatif pendek. Cerita tersebut biasanya selesai hanya dalam satu kali membaca dimana pembaca bisa memahami isi dari cerpen tersebut. Cerpen biasanya terdiri antara 1500 sampai 3000 kata atau sekitar 6 halaman. Cerpen hanya berisi satu tema dengan satu konflik dimana konflik tersebut selesai di bagian akhir cerita. Biasanya cerpen berisi tentang sepenggal peristiwa dalam kehidupan salah satu tokoh dimana tokoh tersebut berperan sebagai tokoh utama.
Banyak penulis cerpen yang biasanya mengarang cerpen berdasarkan pengalaman pribadi mereka atau sesuatu yang ada dalam angan – angan mereka yang kemudian dituangkan kedalam bentuk tulisan dan akhirnya menjadi sebuah karya sastra yang bisa dinimakti oleh para pembaca.
Ada banyak sekali kisah yang dapat ditulis untuk menjadi sebuah cerpen seperti kisah percintaan atau roman, kesedihan, jenaka, kasih sayang, dan masih banyak kisah lainnya. Sebuah cerpen biasanya menyampaikan amanat atau pesan yang dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca sehingga cerpen sebenarnya bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.
Unsur – unsur cerpen terdiri dari dua macam yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun karya sastra dari dalam misalnya tema, setting, alur, tokoh, watak, dan amanat. Sementara itu unsur ekstrinsik merupakan unsur yang membangun tetapi dari luar.= misalnya jenis kelamin, pekerjaan, dan budaya.
 Setiap cerpen memiliki empat tahapan yaitu pengenalan, masalah, konflik, dan penyelesaian. Konflik merupakan bagain yang paling diminati oleh para pembaca karena konflik adalah puncari dari cerita tersebut.
Cerpen termasuk dalam ragam karya sastra karena isi cerpen tersebut merupakan ungkapan pribadi pengarang yang berupa karangan yang berisi gagasan, pengalaman, dan pemikiran dari penulis cerpen yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Alat penyampaian gagasan penulis adalah bahasa. Bahasa adalah salah satu kebudayaan yang sangat melekat dan berperan aktif dalam kehidupan karena fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi.


Demikianlah Artikel Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra

the life of the muslim world Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/cerpen-merupakan-bagian-dari-ilmu-sastra.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cerpen Merupakan Bagian Dari Ilmu Sastra"