Sejarah Mata Uang Euro

Sejarah Mata Uang Euro - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Sejarah Mata Uang Euro, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Sejarah Mata Uang Euro
judul artikel : Sejarah Mata Uang Euro

lihat juga


Sejarah Mata Uang Euro



Sejarah Mata Uang Euro
Penulis: Paula
Mata Uang Euro adalah mata uang resmi yang digunakan oleh masyarakat Uni Eropa. Penggunaan mata uang Euro sebenarnya telah digunakan sejak Perang Dunia II saat hubungan ekonomi antar negara mampu menciptakan pertumbuhan. Adanya mata uang tunggal tentu memungkinkan transaksi pembayaran jadi lebih mudah untuk konsumen dan membantu para pelaku bisnis agar terhindar dari kerugian yang berhubungan dengan nilai tukar.
Pada tahun 1951, Perancis, Belgia, Italia Jerman Barat, Luxemburg, dan Belanda sama – sama mendatangi Traktar Paris untuk membentuk komunitas Baja dan Batubara. Pada tahun 1957, beberapa negara yang mirip ikut memberi tanda tangan untuk Perjanjiajn Roma dan juga menciptakan Komunitas Ekonomi Eropa.
Pada tahun 1979, sistem Moneter Eropa mulai diberlakukan.  Tujuannya yaitu untuk menstabilkan nilai tukar dan menjaga inflasi. Kemudian pada tahun 1986, enam negara yang tergabung dalam Komunitas Ekonomi Eropa menyetujui Undang – Undang Europa yang akan melanjutkan kerja sama dalam bidang politik dan moneter.
Setelah itu, pada tahun 1992 ditandatangani Perjanjian Maastrict yang memunculkan kebijakan tentang kebijakan ekonomi bersama dan kebijakan nilai tukar. Pada tahun 1993,  Jerman menjadi tempat untuk Institut Moneter Eropa. Pertemuan pertama Institut Moneter Eropa berlangsung pada tahun 1994. Kemudian pada tahun 1995, mata uang Euro disepakati sebagai mata uang tunggal di Eropa. Tenggang waktu diberikan sampai tahun 1999 untuk mengkonfirmasi persetujuan Euro untuk menjadi mata uang tunggal. Bank Sentral Eropa kemudian dibuat pada tahun 1998.
Sebelas negara yang bergabung Komunitas Uni Eropa dan negara – negara tersebut resmi menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang tunggal sehingga pada tahun 1999, saham dan nilai tukar mulai diperdagangkan dalam Euro.
Pada tahun 2000, Euro kehilangan 30% nilainya terhadap dolar. Masalah ini kemudian ditangani oleh Bank Sentral Eropa.  Pada tahun 2001, tagihan Euro dan juga koin Euro yang pertama didistribusikan di Yunani. Mata uang lama pun akhirnya masuk perlahan – lahan ke dalam sirkulasi Euro. Setelah itu, semakin banyak negara – negara yang bergabung dalam Uni Eropa dan menggunakan mata uang Euro.


Demikianlah Artikel Sejarah Mata Uang Euro

the life of the muslim world Sejarah Mata Uang Euro, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sejarah Mata Uang Euro dan artikel ini url permalinknya adalah http://jumro.blogspot.com/2013/03/sejarah-mata-uang-euro.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Mata Uang Euro"