Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya

Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya
judul artikel : Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya

lihat juga


Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya



Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya
Penulis: Paula
Negara Republik Rakyat Cina termasuk negara yang besar dan banyak sekali penduduknya. Di negara ini, mata uang yang digunakan adalah Yuan. Istilah Yuan biasanya juga dikenal dengan sebutan Renminbi yang disingkat RMB di RRC. Yuan merupakan mata uang resmi Republik Rakyat Cina. Mata uang resmi RRC ini diatur dan dicetak oleh Bank Rakyat Cina. Mata yang Renminbi atau Yuan ini pernah dipatok dalam nilai 8.28 terhadap Dolar AS. Patokan nilai Yuan terhadap Dolar AS tersebut berlangsung selama 11 tahun yaknit sampai tanggal 21 Juli 2005.
Adanya patokan jangka panjang tersebut, membuat mata uang Yuan mendapatkan kecaman dari pihak Amerika Serikat yang notabene adalah pemilik atau negara yang menggunakan Dolar AS sebagai mata uang resmi disana. Amerika Serikat menganggao bahwa hal tersebut dilakukan oleh Tiongkok dalam upaya untuk menjaga supaya barang – barang hasil produksi dari negara tersebut tetap dapat dijual murah di pasar Internasional. Sejak jaman dulu, RRC memang sudah menjadi negara yang menjual produk – produknya ke luar negeri dengan harga yang relatif terjangkau.
Bersamaan dengan digunakannya kembali mata uang Ringgit Malaysia sebagai mata uang resmi negara  Malaysia, mata uang Renminbi akhirnya di revaluasi atau dinilai ulang dan dipatok pada nilai 8.11 Renminbi untuk setiap 1 dolar AS. Hal tersebut dilaksanakan secara resmi pada tanggal 21 Juli 2005.
Satu Yuan Renminbi dibagi menjadi 10 jiao atau 100 fen. Saat ini koin Yuan Renminbi adalah 1 jiao. Seperti pada mata uang resmi negara lainnya, mata uang Yuan yang digunakan oleh RRC ini juga diterbitkan dalam dua macam yaitu uang kertas dan uang koin.
Perlu diketahui juga bahwa istilah Yuan dalam bahasa Tionghoa sebenarnya berarti koin bundar. Pecahan mata uang Yuan yang beredar dalam sirkulasi mata uang di RRC saat ini adalah 0.01 Yuan, 0.05 Yuan, 0.10 Yuan, 0.50 Yuan, dan 1 Yuan.
Sementara itu uang kertas Yuan Renminbi yang beredar saat ini adalah mulai dari 1 Yuan, 5 Yuan, 10 Yuan, 20 Yuan, 50 yuan, dan 100 yuan.


Demikianlah Artikel Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya

the life of the muslim world Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya dan artikel ini url permalinknya adalah http://jumro.blogspot.com/2013/03/mata-uang-yuan-di-cina-dan-sejarahnya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mata Uang Yuan di Cina dan Sejarahnya"