Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya

Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya
judul artikel : Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya

lihat juga


Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya



Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya
Penulis: Paula
Rupiah adalah mata uang resmi di negara Indonesia. Mata uang rupiah dicetak oleh BI (Bank Indonesia) dengan kode ISO 4217 IDR. Orang – orang Indonesia sering kali menyebut rupiah sebagai perak. Dulu, satu rupiah dibagi menjadi seratus sen. Namun karena inflasi sen tidak digunakan lagi secara umum dan masih digunakan  untuk pencatatan pembukuan bank.
Istilah rupiah sebenarnya berasal dari kata Rupee. Rupe adalah satuan mata uang di India. Sebelumnya Indonesia pernah menggunakan mata uang Gulden yang merupakan mata uang Belanda sejak tahun 1610 sampai tahun 1817.
Setelah tidak lagi menggunakan mata uang Gulden, Indonesia kemudian menggunakan Gulden Hindia Belanda. Mata uang rupiah itu sendiri pertama kali diumumkan secara resmi saat masa penjajahan Jepang waktu Perang Dunia II. Gdulu, rupiah disebut dengan rupiah Hindia Belanda.
Setelah perang berakhir, Bank Jawa yang saat ini telah berganti menjadi Bank Indonesia memperkenalkan rupiah jawa sebagai pengganti dari rupiah Hindia Belanda.
Selain mata uang tersebut, mata uang Gulden yang dibuat oleh Sekutu dan beberapa jenis mata uang yang dicetak oleh kumpulan gerilya juga bisa digunakan pada masa itu.
Empat tahun setelah kemerdekaan Republik Indonesiak, tepatnya pada tanggal 2 November 1949, Indonesia secara resmi menetapkan Rupiah sebagai mata uang resmi kebangasaan yang baru. Walaupun demikian, pada saat itu, Irian Barat dan Kepulauan Riau memiliki variasi rupiah sendiri. Penggunaan variasi mata uang rupiah tersebut kemudian dilarang pada tahun 1964 di Kepulauan Riau dan dilarang di Irian Barat pada tahun 1974.
Terjadinya krisis ekonomi di Asia pada tahun 1998 telah membuat nilai mata uang rupiah turun 35 persen dan turut membawa jatuhnya pemerintahan Presiden Soeharto.
Mata uang rupiah bisa dipertukarkan dengan bebas, namun didagangkan dengan penalti karena adanya kadar inflasi yang tinggi. Sebenarnya Rupiah juga memiliki satuan yang lebih kecil. Pada saat awal kemerdekaan RI, nilai mata uang rupiah disamakan dengan gulden Hindia Belanda yang membuat satuan – satuan kecil dibawahnya ikut berlaku pada masa itu seperti sen, cepeng, pincang, gobang, dll.


Demikianlah Artikel Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya

the life of the muslim world Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya dan artikel ini url permalinknya adalah http://jumro.blogspot.com/2013/03/mata-uang-rupiah-indonesia-dan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mata Uang Rupiah Indonesia dan Sejarahnya"