9/30/10

ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA


JUDUL                       : ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA DALAM  KUMPULAN SAJAK “ BLUES KERE LAUK “ SATU KAJIAN SEMIOTIK

PENELITI                  : DETY KANIA DEWI H1B88140
TAHUN LULUS        : 1995


LAMPIRAN…………………………………………………………………………..
ABSTRAK ( Tidak ada / Rusak )

1.2 Batasan Masalah ( Tidak ada / Rusak )

1.3 Tujuan Penelitian ( Tidak ada / Rusak )

1.3.2 Tujuan Khusus ( tidak ada / Rusak )

1.4 Metodologi

1.4.1 Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, mendeskripsikan data yang berasal dan objek penelitian. Pendeskripsian ini dilakukan untuk memudahkan proses analisis itu sendiri. Sesuai dengan prinsip metodenya, penelitian berusaha untuk memilih dan memilah serta menguji data sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini.
Langkah – langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah :
1.      Studi Pustaka
2.      Pengumpulan dan klasifikasi data
3.      Pemahaman data berupaya untuk memilih dan memilah data
4.      Interpretasi data


1.4.2 Metode Kajian
Metode kajian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, berusaha untuk memaparkan data yang akan dikaji. Dalam penelitian diksi terhadap kumpulan sajak BKI dilakukan pengkajian secara struktural dan pemahaman makna sajak secara semiotik, dengan memanfaatkan strata norma, sehingga diperoleh makna secara utuh.dan menyeluruh.

1.5 Landasan Teori
Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini memahami teori struktural dengan memakai pendekatan objektif dan teori semiotik untuk memahami tanda – tanda pembantuk makna melalui pemakaian diksi. Teori struktural digunakan sebagai langkah awal untuk mengetahui keterkaitan serta keterjalinan semua unsur – unsur dan aspek dari karya sastra ( puisi ) sehingga pada akhirnya akan menghasilkan makna yang menyeluruh.

1.6 Kesimpulan

a.       Pada kumpulan sajak BKL menunjukan kemahiran pengarang dengan tipografi yang lain dari biasanya tanpa larik – larik dan bait. Juga kemahirannya menggunakan bahasa sunda juga istilah – istilah asing dengan penguasaan kosa kata yang baik dan dapat mengemas ide dalam struktur karya yang utuh serta padu sehingga mampu memberikan kenikmatan bagi pembaca.
b.      Kumpulan sajak BLK berdasarkan nuansanya menyajikan gambaran kehidupan pengarang melihat keadaan dan kenyataan yang dialaminya sebagai pengalaman batin sehigga dapat menjadi cerminan dalam menjalani kehidupan.
c.       Kelompok sajak berdasarkan nuansa sastra sunda klasik, sajak – sajaknya menggunakan bahasa sunda dengan memanfaatkan sastra sunda klasik sebagai gagasannya seperti pantun pada sajak papntunan ; karakter tokoh pewayangan pada sajak sukasrana, Ruwana, dan Abimanyu ; sifat pupuh dari dangding dalam sajak durmaning Durma dan pucung. Pada kelompok sajak yang bernuansa sunda dengan pengaruh Barat menggunakan bahasa sunda dan beberapa istilah sebagai pengaruh yang datang dari budaya Barat yang menjadi gagasan pada sajak – sajak nuansa ini. Juga memanfaatlagi pada sajak Lady jane, Yesterday dan Symphathy For The Devil ; kelompok musik dalam sajak Rolling Stones dan Black sabbath ; tokoh pemusik pada sajak Janis Joplin. Sajak – sajaknya memberi gambaran bahwa masyarakat sunda sekarang terutama remajanya sudah terpengaruh oleh budaya dari Barat. Kelompok terakhir sajak yang bernuansa internasional menggunakan bahasa sunda dan kata – kata bahasa inggris merupakan bahasa internasional sebagai pelengkap untuk merebut arti secara utuh dari sajak – sajaknya.
d.      Kata – kata dan tokoh baik dari budaya sunda maupun dari budaya Barat dipergunakan sebagai simbol untuk mengungkapkan secara tepat segala ras dan nuansa yang ingin disampaikan dalam merebut makna sajak secara utuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI


Halaman

KATA PENGANTAR………………………………………………………...….i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………......iii
ABSTRAK……………………………………………………………………….vi
DAFTAR SINGKATAN DAN TANDA……………………………………….viii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………...1
           1.1 Latar Belakang Masalah……………………………………………….1
           1.2 Batasan Masalah……………………………………………………….5
           1.3 Tujuan Penelitian…………………………………………………….. 6
                 1.3.1 Tujuan Umum…………………………………………………...6
                 1.3.2 Tujuan khusus…………………………………………………...6
           1.4 Metodologi…………………………………………………………….6
                 1.4.1 Metode Penelitian……………………………………………….6
                 1.4.2 Metode Kajian……………………………………………….….7
           1.5 Landasan Teori…………………………………………………….….7
BAB II KAJIAN TEORI…………………………………………………………9
             2.1 Puisi………………………………………………………………….9
             2.2 Struktural…………………………………………………………...12
             2.3 Diksi………………………………………………………………..13
             2.4 Strata Norma………………………………………………………..15
             2.5 Semiotik………………………………………………………….…17
BAB III METODOLOGI………………………………………………………..25
              3.1 Metode Penelitian……………………………………………….…25
                    3.1.1 Studi Pustaka………………………………………………....26
                    3.1.2 Pengumpulan dan Klasifikasi Data…………………………..26
                    3.1.3 Pemahaman Data………………………………………….…27
                    3.1.4 Interpretasi Data……………………………………………..27
              3.2 Metode Kajian…………………………………………………..…27
BAB IV ANALISIS……………………………………………………………..29
               4.1 Sajak Bernuansa Sastra Sunda Klasik………………………….….29
                     4.1.1 Papantunan……………………………………………….….29
                     4.1.2 Sukasrana……………………………………………………35
                     4.1.3 Ruwana………………………………………………………40
                     4.1.4 Durmaning Durma……………………………………….….44
                     4.1.5 Pucung……………………………………………………….47
                     4.1.6 Abimanyu………………………………………………… ...53
               4.2 Sajak Bernuansa Sunda dengan Pengaruh Barat………………….62
                     4.2.1 Lady Jane……………………………………………….…...63
                     4.2.2 Yesterday……………………………………………….……66
                     4.2.3 Rolling Stone………………………………………………...71
                     4.2.4 Janis Joplin…………………………………………………..74
                     4.2.5 Black Sabbath…………………………………………..…...77
                     4.2.6 Symphaty For The Devil…………………………………….82
               4.3 Sajak bernuansa Internasional…………………………………….88
                     4.3.1 The End……………………………………………………...88
                     4.3.2 Bohemian Rhapsody………………………………………...92
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN…………………………………………97
             5.1 Kesimpulan…………………………………………………….……97
             5.2 Saran……………………………………………………………….
SINOPSIS……………………………………………………………………...100
DAFTAR PUSTAKA ACUAN…………………………………………….….102
DAFTAR PUSTAKA BACAAN……………………………………………...104

No comments: