ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA

ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA
judul artikel : ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA

lihat juga


ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA


JUDUL                       : ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA DALAM  KUMPULAN SAJAK “ BLUES KERE LAUK “ SATU KAJIAN SEMIOTIK

PENELITI                  : DETY KANIA DEWI H1B88140
TAHUN LULUS        : 1995


LAMPIRAN…………………………………………………………………………..
ABSTRAK ( Tidak ada / Rusak )

1.2 Batasan Masalah ( Tidak ada / Rusak )

1.3 Tujuan Penelitian ( Tidak ada / Rusak )

1.3.2 Tujuan Khusus ( tidak ada / Rusak )

1.4 Metodologi

1.4.1 Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, mendeskripsikan data yang berasal dan objek penelitian. Pendeskripsian ini dilakukan untuk memudahkan proses analisis itu sendiri. Sesuai dengan prinsip metodenya, penelitian berusaha untuk memilih dan memilah serta menguji data sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini.
Langkah – langkah yang ditempuh dalam penelitian ini adalah :
1.      Studi Pustaka
2.      Pengumpulan dan klasifikasi data
3.      Pemahaman data berupaya untuk memilih dan memilah data
4.      Interpretasi data


1.4.2 Metode Kajian
Metode kajian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, berusaha untuk memaparkan data yang akan dikaji. Dalam penelitian diksi terhadap kumpulan sajak BKI dilakukan pengkajian secara struktural dan pemahaman makna sajak secara semiotik, dengan memanfaatkan strata norma, sehingga diperoleh makna secara utuh.dan menyeluruh.

1.5 Landasan Teori
Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini memahami teori struktural dengan memakai pendekatan objektif dan teori semiotik untuk memahami tanda – tanda pembantuk makna melalui pemakaian diksi. Teori struktural digunakan sebagai langkah awal untuk mengetahui keterkaitan serta keterjalinan semua unsur – unsur dan aspek dari karya sastra ( puisi ) sehingga pada akhirnya akan menghasilkan makna yang menyeluruh.

1.6 Kesimpulan

a.       Pada kumpulan sajak BKL menunjukan kemahiran pengarang dengan tipografi yang lain dari biasanya tanpa larik – larik dan bait. Juga kemahirannya menggunakan bahasa sunda juga istilah – istilah asing dengan penguasaan kosa kata yang baik dan dapat mengemas ide dalam struktur karya yang utuh serta padu sehingga mampu memberikan kenikmatan bagi pembaca.
b.      Kumpulan sajak BLK berdasarkan nuansanya menyajikan gambaran kehidupan pengarang melihat keadaan dan kenyataan yang dialaminya sebagai pengalaman batin sehigga dapat menjadi cerminan dalam menjalani kehidupan.
c.       Kelompok sajak berdasarkan nuansa sastra sunda klasik, sajak – sajaknya menggunakan bahasa sunda dengan memanfaatkan sastra sunda klasik sebagai gagasannya seperti pantun pada sajak papntunan ; karakter tokoh pewayangan pada sajak sukasrana, Ruwana, dan Abimanyu ; sifat pupuh dari dangding dalam sajak durmaning Durma dan pucung. Pada kelompok sajak yang bernuansa sunda dengan pengaruh Barat menggunakan bahasa sunda dan beberapa istilah sebagai pengaruh yang datang dari budaya Barat yang menjadi gagasan pada sajak – sajak nuansa ini. Juga memanfaatlagi pada sajak Lady jane, Yesterday dan Symphathy For The Devil ; kelompok musik dalam sajak Rolling Stones dan Black sabbath ; tokoh pemusik pada sajak Janis Joplin. Sajak – sajaknya memberi gambaran bahwa masyarakat sunda sekarang terutama remajanya sudah terpengaruh oleh budaya dari Barat. Kelompok terakhir sajak yang bernuansa internasional menggunakan bahasa sunda dan kata – kata bahasa inggris merupakan bahasa internasional sebagai pelengkap untuk merebut arti secara utuh dari sajak – sajaknya.
d.      Kata – kata dan tokoh baik dari budaya sunda maupun dari budaya Barat dipergunakan sebagai simbol untuk mengungkapkan secara tepat segala ras dan nuansa yang ingin disampaikan dalam merebut makna sajak secara utuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI


Halaman

KATA PENGANTAR………………………………………………………...….i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………......iii
ABSTRAK……………………………………………………………………….vi
DAFTAR SINGKATAN DAN TANDA……………………………………….viii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………...1
           1.1 Latar Belakang Masalah……………………………………………….1
           1.2 Batasan Masalah……………………………………………………….5
           1.3 Tujuan Penelitian…………………………………………………….. 6
                 1.3.1 Tujuan Umum…………………………………………………...6
                 1.3.2 Tujuan khusus…………………………………………………...6
           1.4 Metodologi…………………………………………………………….6
                 1.4.1 Metode Penelitian……………………………………………….6
                 1.4.2 Metode Kajian……………………………………………….….7
           1.5 Landasan Teori…………………………………………………….….7
BAB II KAJIAN TEORI…………………………………………………………9
             2.1 Puisi………………………………………………………………….9
             2.2 Struktural…………………………………………………………...12
             2.3 Diksi………………………………………………………………..13
             2.4 Strata Norma………………………………………………………..15
             2.5 Semiotik………………………………………………………….…17
BAB III METODOLOGI………………………………………………………..25
              3.1 Metode Penelitian……………………………………………….…25
                    3.1.1 Studi Pustaka………………………………………………....26
                    3.1.2 Pengumpulan dan Klasifikasi Data…………………………..26
                    3.1.3 Pemahaman Data………………………………………….…27
                    3.1.4 Interpretasi Data……………………………………………..27
              3.2 Metode Kajian…………………………………………………..…27
BAB IV ANALISIS……………………………………………………………..29
               4.1 Sajak Bernuansa Sastra Sunda Klasik………………………….….29
                     4.1.1 Papantunan……………………………………………….….29
                     4.1.2 Sukasrana……………………………………………………35
                     4.1.3 Ruwana………………………………………………………40
                     4.1.4 Durmaning Durma……………………………………….….44
                     4.1.5 Pucung……………………………………………………….47
                     4.1.6 Abimanyu………………………………………………… ...53
               4.2 Sajak Bernuansa Sunda dengan Pengaruh Barat………………….62
                     4.2.1 Lady Jane……………………………………………….…...63
                     4.2.2 Yesterday……………………………………………….……66
                     4.2.3 Rolling Stone………………………………………………...71
                     4.2.4 Janis Joplin…………………………………………………..74
                     4.2.5 Black Sabbath…………………………………………..…...77
                     4.2.6 Symphaty For The Devil…………………………………….82
               4.3 Sajak bernuansa Internasional…………………………………….88
                     4.3.1 The End……………………………………………………...88
                     4.3.2 Bohemian Rhapsody………………………………………...92
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN…………………………………………97
             5.1 Kesimpulan…………………………………………………….……97
             5.2 Saran……………………………………………………………….
SINOPSIS……………………………………………………………………...100
DAFTAR PUSTAKA ACUAN…………………………………………….….102
DAFTAR PUSTAKA BACAAN……………………………………………...104



Demikianlah Artikel ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA

the life of the muslim world ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA dan artikel ini url permalinknya adalah http://jumro.blogspot.com/2010/09/analisis-diksi-sajak-godi-suwarna.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

1 Response to "ANALISIS DIKSI SAJAK GODI SUWARNA"

master togel said...

KISAH NYATA..............
Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jayapura Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 085320279333
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .