Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia

Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia
judul artikel : Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia

lihat juga


Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia

Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia
Penulis: Paula
International Criminal Police Organization atau biasa disebut dengan Interpol merupakan organisasi kerjasama yang berfungsi untuk menangani tindak kejahatan lintas negara. Pada tahun 1954, Indonesia bergabung menjadi anggota ICPO Interpol. Indonesia pun menidirkan National Central Bureau atau NCB sebagai biro kerjasama kepolisian antarnegara dalam ruang lingkup ICPO Interpol. Di Indonesia, kepala NCB Interpol dijabat langsung oleh Kapolri sedangkan jabatan pemimpin pelaksana harian dijalankan oleh Sekretaris NCB Interpol Indonesia. NCB Interpol tidak hanya menangani kejahatan lintas negara saja tetapi juga menyangkut seluruh kerjasama luar negeri yang ikut melibatkan unsur Polri yang dilakukan melalui koordinasi NCB Interpol Indonesia.
Tugas utama Interpol Indonesia adalah sebagai penyelenggara koordinasi atau kerjasama melalui ICPO Interpol untuk mendukung upaya penanggulangan kejahatan transnasional/internasional dan kegiatan peace keeping operation dibawah PBB. Selain itu Interpol juga turut menyelenggarakan kerjasama antar negara untuk mendukung pengembangan Polri.
Dalam melaksanakan tuganya, NCB Interpol Indonesia memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:
·         Pelaksanaan kerja sama dengan negara yang menjadi anggota ICPO Interpol dan organisasi internasional lainnya untuk menanggulangi kejahatan internasional/transational crime.
·         Pembinaan perwira penghubung Polri di luar negeri
·         Perumusan/pengembangan petunjuk – petunjuk dan prosedur hubungan kerja sama luar negeri
·         Penyelenggaraan kegiatan protokuler terhadap kunjungan tamu ke luar negeri, menjemput tamu dari luar negeri atau menjemput tamu ke luar negeri, dan courtesy call pada Kapolri
Perlu diketahui bahwa Interpol bukan polisi international (International Police) tetapi ICPO Interpol adalah organisasi terbesar yang kedua di dunia setelah PBB. Jumlah negara yang bergabung dengan ICPO Interpol adalah 188 negara. Markas Interpol berada di Lyon, Perancis.
Dalam melaksanakan tugasnya, Interpol memiliki prinsip untuk tidak melaksanakan atau melibatkan kegiatan yang berkaitan dengan bidang militer, politik, ras, dan agama karena prioritas ICPO Interpol adalah kejahatan finansial dan teknologi tinggi, narkoba, terorisme dan keamanan masyarakat, perdaganagn manusia, kejahatan terorganisir, pencarian buronan, dan korupsi.
Dalam rangka mempermudah pekerjaan mereka, ICPO Interpol membuat notices yang terdiri dari Stolen Property Notices, Special UN notices, dan Individual Notices.


Demikianlah Artikel Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia

the life of the muslim world Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2015/10/sekilas-tentang-ncb-interpol-indonesia.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sekilas Tentang NCB Interpol Indonesia"