Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam

Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam
judul artikel : Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam

lihat juga


Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam

Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam. Badan Intelijen Keamanan bertugas untuk menyelenggarakan dan membina fungsi intelijen di bidang keamanan baik untuk kepentingan manajemen dan pelaksanaan tugas operasional Polri serta untuk mendukung terlaksananya tugas – tugas pemerintah untuk mewujudkan keamanan di Indonesia.
Intelijen bertanggung jawab untuk mendeteksi dan memantau berbagai sumber ancaman sedini mungkin agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginakan. Para petugas intelijen Polri akan selalu berupaya mengidentifikasi segala sumber ancaman serta gangguan kamtibmas, terutama yang berhubungan dengan tindak kriminal. Biasanya orang – orang yang bertugas sebagai intelijen Polri tidak mengenakan baju seragam lengkap kepolisian dalam melaksanakan tugasnya. Mereka justru berbaur menjadi satu dengan masyarakat.
Selain memiliki tugas untuk mendeteksi dan memantau ancaman, Intelpampol juga memiliki kewajiban untuk menyelanggarakan pengamanan terhadap Polri, melakukan pengamanan terhadap instituti – institusi kenegaraan, orang asing penting, dan pentinggi pemerintahan. Seiring dengan hal tersebut, intelijen Polri juga harus mampu membuat perkiraan keadaan dengan tepat sehingga dapat mengatasi kamtibnas lebih cepat.
Sampai saat ini intelijen kepolisian hanya difokuskan pada fungsi intelijen kriminal. Padahal jika melihat pada Pasal 30 ayat 4 dalam UUD 1945 mengatakan bahwa Kepolisian Republik Indonesia adalah alat negara yang menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat yang berutgas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, dan menegakkan hukum.
Di kalangan masyarakat awam, istilah intelijen identik dengan kerahasian dan sering disamakan dengan hal – hal yang serba tertutup. Dalam RUU Intelijen, intelijen memiliki beberapa pengertian yaitu intelijen sebagai pengetahuan, organisasi, dan kegiatan atau operasi.
Intelijen tidak bisa dihapus dalam kepolisian karena memiliki fungsi yang vital. Intelijen berbeda dengan angkatan perang karena intelijen Kepolisian mencakaup intelijen kriminal yang menajdi bagian integral fungsi utama Kepolisian Indonesia yaitu preventif, represif, dan pembinaan masyarakat. Intelijen kepolisian mencakup tindakan kriminalitas mulai dari yang konvensional crime hingga kriminalitas yang canggih seperti weapin trafficking, human trafficking, terorisme, money laundering, cyber crime, korupsi, dan drug trafficking.
4


Demikianlah Artikel Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam

the life of the muslim world Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2015/10/salah-satu-unsur-polri-yang-bertugas.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Salah satu unsur Polri yang bertugas menjalankan tugas pokok adalah Badan Intelijen Keamana atau Baintelkam"