Apa yang Dimaksud Struktur Shell?

Apa yang Dimaksud Struktur Shell? - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Apa yang Dimaksud Struktur Shell? , saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Apa yang Dimaksud Struktur Shell?
judul artikel : Apa yang Dimaksud Struktur Shell?

lihat juga


Apa yang Dimaksud Struktur Shell?


Apa yang Dimaksud Struktur Shell? 
Penulis: Paula
Dalam konstruksi besi baja, istilah struktur shell termasuk istilah yang banyak digunakan untuk struktur atap. Struktur shell adalah bentuk struktural tiga dimensi yang tipis dan kaku serta memiliki permukaan lengkung sehingga bentuknya mirip seperti cangkang. Struktur shell harus didesain dari bahan yang dapat dilengkungkan misalnya beton bertulang dan logam.
Dalam struktur shell, gaya – gaya melingkar yang menghasilkan tekanan tidak akan menyebabkan munculnya momen lentur dalam arh mereditional. Maka, shell pun bisa menyangga variasi beban cukup dengan tekanan dari bidang tersebut.
Sebuah struktur shell harus memiliki tiga syarat, diantaranya adalah:
·         Harus memiliki bentuk lengkung, tunggal, atau ganda (single or double)
·         Struktur tersebut harus dibuat dari bahan yang ulet (bisa dilengkungkan), keras, kuat, dan tahan terhadap tekanan dan tarikan yang mungkin timbul.
·         Harus tipis terhadap bentangannya maupun permukaannya
Bentuk hshell atau cangkang itu sendiri juga dibagi menjadi beberapa macam yaitu rotational surface, transitional, dan translational surface.
Rotational Surface merupakan bidang yang didapat jika sebuah garis lengkung datar diputar terhadap sebuah sumbu. Struktur shell dengan permukaan rotational bisa dibagi lagi menjadi tiga yaitu Parabolic Surface, Elliptical Surface, dan Spherical Surface.
Transitional Surface merupakan bidang yang diperoleh ketika ujung – ujung garis lurus digeser pada bidang – bidang yang sejajar. Struktur shell dengan jenis permukaan transitional dibagi lagi menjadi dua macam yaitu elliptical surface dan cylindrical surface.
Translational surface merupakan bidang yang diperoleh dengan cara garis lengkung yang datar digeser sejajar dengan garis lengkung datar lainnya. Struktur shell yang satu ini dibagi menjadi dua macam yaitu Conoid dan Hyperbolic Paraboloid.
Salah satu bangunan yang menggunakan arsitektur struktur shell adalah Sydney Opera House. Struktur cangkang harus terbuat dari bahan yang tipis dan mudah dilengkungkan. Untuk struktur ini, beton bertulang merupakan bahan yang ideal untuk memenuhi struktur kulit kerang tipis tersebut. Shell struktur dalam konstruksinya tidak hanya digunakan untuk arsitektur tetapi juga untuk penerbangan, mekanik, dan teknik sipil.


Demikianlah Artikel Apa yang Dimaksud Struktur Shell?

the life of the muslim world Apa yang Dimaksud Struktur Shell? , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Apa yang Dimaksud Struktur Shell? dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/04/apa-yang-dimaksud-struktur-shell.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Apa yang Dimaksud Struktur Shell? "