Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi

Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi
judul artikel : Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi

lihat juga


Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi


Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi
Penulis: Paula
Dalam konstruksi besi, tentu ada banyak istilah – istilah asing yang jarang diketahui oleh orang awam salah satunya adalah istilah Space Frame atau Space Frame System. Istilah space frame sebenarnya merupakan sebuah sistem konstruksi rangka ruang dengan menggunakan sistem sambungan antara batang satu sama lain berbentuk modul – modul segitiga dimana sendi penyambungannya menggunakan ball joint. Dengan desain seperti ini, maka Space Frame mudah untuk dibentuk, dipasang, atau dibongkar kembali. Selain itu pelaksanaan pembentukan rangkanya juga bisa dilakukan dengan cepat.
Saat ini seluruh komponen dalam Space Frame System sudah mulai diproduksi di dalam negeri sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan konstruksi kerangka ini. Space Frame sebenarnya juga merupakan desain yang bentuknya menyerupai dome, pyramid, dan bentuk – bentuk sejenis. Sistem space frame biasanya digunakan untuk bentangan besar yang membutuhkan ruang bebas kolom misalnya untuk bangunan stadion, pabrik, hangar, dan skylight.
Space Frame merupakan rangka ruang dimana bahannya terbuat dari pipa besi hitam beserta hexagon, conus, dan baut baja yang saling terhubung satu sama lain dengan ball joint sebagai penghubung atau mediator. Ball joint ini biasanya terbuat dari stainless steel atau baja padat. Proses finishing untuk member dan ball joint yaitu dengan proses powder coating, hotdip zincalume galvanized atau duco.
Setiap jenis rangka ruang tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing – masing termasuk, Space Frame System. Beberapa keuntungan menggunakan space frame adalah:
·         Dapat digunakan untuk bentang besar
·         Tida ada batasan bentuk
·         Konstruksi ringan
·         Mudah dipasang dan dibongkar
·         Memikiki nilai estetika yang bagus
·         Tahan antara 50 sampai 100 tahun
Walaupun sistem Space Frame ini memiliki banyak keunggulan, tetap saja masih ada beberapa kelemahannya, beberapa diantaranya adalah tidak tahan api, tenaga ahlinya masih terbatas, dan harganya cukup mahal. Walaupun demikian, penggunaan sistem Space Frame masih terus bertambah dan semakin populer. Biasanya, kita dapat menjumpai Space Frame pada canopy, ruang serbaguna, skylight, gedung olah raga, hanggar, dan kubah Masjid atau Gereja.


Demikianlah Artikel Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi

the life of the muslim world Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/04/mengenal-space-frame-dalam-konstruksi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Space Frame Dalam Konstruksi Besi"