Pengembangan Profesionalisme Guru

Pengembangan Profesionalisme Guru - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Pengembangan Profesionalisme Guru, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Pengembangan Profesionalisme Guru
judul artikel : Pengembangan Profesionalisme Guru

lihat juga


Pengembangan Profesionalisme Guru

Pengembangan Profesionalisme Guru
Penulis: Paula


Profesionalisme menurut para ahli lebih menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan strategi penerapan. Menurut Maister (1997) profesionalisme guru tidak hanya sekedar pengetahuan saja tetapi lebih menjurus pada sikap pengembangan profesionalisme sehingga guru tidak hanya memiliki keahlian sebagai pendidik namun juga memiliki tingkah laku sesuai dengan yang disyaratkan.
Jika dilihat sekilas, kualitas guru – guru di Indonesia masih jauh dari guru – guru di Inggris atau Amerika Serikat. Di Amerika, pengembangan profesional guru harus sesuai dengan standar tertentu. Menurut Stiles dan Horsley (1998), ada empat standar untuk pengembangan profesi guru.
Standar Pengembangan Profesi A
Ini merupakan pengembangan profesi guru yang ditujukan untuk para guru sains bahwa isi sains yang dibutuhkan dapat diajarkan dengan perspektif dan metode inquiri atau menemukan sendiri. Guru dalam sketsa ini menjalani sebuah proses observasi tentang fenomena alam, membuat beberapa penjelasan, dan kemudian menguji penjelasan yang telah dibuat tersebut berdasarkan pada fenomena alam yang diobservasi
Standar Pengembangan Profesi B
Ini merupakan pengembangan profesi yang ditujukan untuk guru bahwa sains membutuhkan integrasi pengetahuan. Para guru yang profesional tidak hanya mengetahui ilmu sains saja tetapi juga harus mengetahui bagaimana cara mengajarkan ilmu sains kepada para pesertadidiknya. Selain itu, gueu juga harus mampu memahami bagaimana para peserta didik mempelajari dan memahami konsep – konsep penting dalam sains.
Standar Pengembangan Profesi C
Ini merupakan pengembangan profesi untuk guru sains yang memerlukan pembentukan pemahaman untuk pembelajaran sepanjang masa. Seorang guru yang baik tentu tahu bahwa dengan mereka memilih guru sebagai profesi mereka, mereka sudah membuat komitmen untuk mau belajar sepanjang masa. Guru selalu mendapatkan pengetahuan baru sehingga guru selalu memiliki kesempatan untuk terus belajar.
Standar Pengembangan Profesi D
Ini merupakan program – program profesi untuk guru sains yang menekankan bahwa sains harus terpadu atau saling berkaitan. Standar ini dimaksudkan untuk mencegah kecenderungan ksempatan pengembangan profesi yang tidak berkelanjutan dan tefgragmentasi.
Jika guru – guru di Indonesia sudah dapat memenuhi standar profesional guru seperti yang berlaku di Amerika, tentu SDM guru di Indonesia akan semakin baik.


Demikianlah Artikel Pengembangan Profesionalisme Guru

the life of the muslim world Pengembangan Profesionalisme Guru, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pengembangan Profesionalisme Guru dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/pengembangan-profesionalisme-guru.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengembangan Profesionalisme Guru"