Penulis : Pengembangan Profesionalisme Guru
judul artikel : Pengembangan Profesionalisme Guru
Pengembangan Profesionalisme Guru
Pengembangan
Profesionalisme Guru
Penulis: Paula
Profesionalisme
menurut para ahli lebih menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan
strategi penerapan. Menurut Maister (1997) profesionalisme guru tidak hanya
sekedar pengetahuan saja tetapi lebih menjurus pada sikap pengembangan
profesionalisme sehingga guru tidak hanya memiliki keahlian sebagai pendidik
namun juga memiliki tingkah laku sesuai dengan yang disyaratkan.
Jika dilihat
sekilas, kualitas guru – guru di Indonesia masih jauh dari guru – guru di
Inggris atau Amerika Serikat. Di Amerika, pengembangan profesional guru harus
sesuai dengan standar tertentu. Menurut Stiles dan Horsley (1998), ada empat
standar untuk pengembangan profesi guru.
Standar
Pengembangan Profesi A
Ini merupakan
pengembangan profesi guru yang ditujukan untuk para guru sains bahwa isi sains
yang dibutuhkan dapat diajarkan dengan perspektif dan metode inquiri atau
menemukan sendiri. Guru dalam sketsa ini menjalani sebuah proses observasi
tentang fenomena alam, membuat beberapa penjelasan, dan kemudian menguji
penjelasan yang telah dibuat tersebut berdasarkan pada fenomena alam yang
diobservasi
Standar
Pengembangan Profesi B
Ini merupakan
pengembangan profesi yang ditujukan untuk guru bahwa sains membutuhkan
integrasi pengetahuan. Para guru yang profesional tidak hanya mengetahui ilmu
sains saja tetapi juga harus mengetahui bagaimana cara mengajarkan ilmu sains
kepada para pesertadidiknya. Selain itu, gueu juga harus mampu memahami
bagaimana para peserta didik mempelajari dan memahami konsep – konsep penting
dalam sains.
Standar
Pengembangan Profesi C
Ini merupakan
pengembangan profesi untuk guru sains yang memerlukan pembentukan pemahaman
untuk pembelajaran sepanjang masa. Seorang guru yang baik tentu tahu bahwa
dengan mereka memilih guru sebagai profesi mereka, mereka sudah membuat
komitmen untuk mau belajar sepanjang masa. Guru selalu mendapatkan pengetahuan
baru sehingga guru selalu memiliki kesempatan untuk terus belajar.
Standar
Pengembangan Profesi D
Ini merupakan
program – program profesi untuk guru sains yang menekankan bahwa sains harus
terpadu atau saling berkaitan. Standar ini dimaksudkan untuk mencegah
kecenderungan ksempatan pengembangan profesi yang tidak berkelanjutan dan
tefgragmentasi.
Jika guru –
guru di Indonesia sudah dapat memenuhi standar profesional guru seperti yang
berlaku di Amerika, tentu SDM guru di Indonesia akan semakin baik.
Demikianlah Artikel Pengembangan Profesionalisme Guru
the life of the muslim world Pengembangan Profesionalisme Guru, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.
0 Response to "Pengembangan Profesionalisme Guru"
Post a Comment