Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional

Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional
judul artikel : Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional

lihat juga


Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional

Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional
Penulis: Paula


Guru sebagai pendidik memiliki kewajiban untuk membimbing peserta didiknya seutuhnya sehingga dapat terbentuk pribadi – pribadi siswa yang sesuai dengan Pancasila. Kode etik guru yang pertama adalah berbakti membimbing. Kode etik ini berarti bahwa guru harus mengabdi tanpa pamrih, mendidik tidak pandang bulu, memanusiakan manusia, dan tanpa adanya paksaan. Jadi guru harus ikhlas secara lahir dan batin dalam mendidik.
Demikian halnya untuk guru konselor atau guru bimbingan konseling yaitu juga harus mengjormati keyakinan, integritas, dan harkat pribadi dari siswanya. Jika kode etik guru tersebut sudah diterapkan, maka pendidikan pun dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Etika profesional seorang guru adalah hal yang sangat penting untuk meningkaykan mutu pendidikan di Indonesia. Guru baru bisa disebut sebagai guru yang profesional bila sudah mengikuti dan menjalankan Kode Etik Keguruan yang sudah ditetapkan.
Guru sebagai pendidik yang profesional tidak hanya dituntut untuk menjalankan tugasnya untuk mendidik secara profesional, namun juga harus memiliki wawasan dan kemampuan profesional. Guru profesional harus memenuhi ciri – ciri berikut:
Guru harus memiliki fungsi dan signifikan sosial. Guru juga harus memiliki ketrampilam atau keahlian tertentu. Setiap guru tentu memiliki keahlian di bidangnya masing – masing sehingga guru juga hanya memberikan pendidikan yang sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Misalnya guru IPA tentu hanya cocok untuk mengajar IPA saja bukan IPS.
Keahlian atau ketrampilan yang dimiliki guru bukan pengetahuan yang diperoleh secara sembarangan namun harus diperoleh dengan landasan teori – teori yang mendukun dan sesuai dengan metode ilmiah. Salah satu ciri guru profesional adalah guru dapat mengaplikasikan teori yang diperolehnya dalam pembelajaran yang bermakna untuk siswa.
Selain itu ciri – ciri lain dari guru profesional adalah memiliki kode etik, memiliki tanggung jawab, berdasarkan disiplin ilmu yang jelas, dan mendapatkan pengakuan dari masyarakat atas profesinya tersebut.
Menjadi guru profesional adalah sebuah pengabdian yang tulus dan tidak ada rasa pamrih sedikitpun. Jika seorang guru loyal dalam mendidik siswa, tentu guru tersebut bisa dikatakan sebagai guru yang profesional.


Demikianlah Artikel Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional

the life of the muslim world Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/penerapan-kode-etik-untuk-guru.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Penerapan Kode Etik Untuk Guru Profesional"