Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional

Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional
judul artikel : Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional

lihat juga


Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional

Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional
Penulis: Paula


Setiap guru wajib untuk memenuhi syarat guru profesional. Semua guru tentu berharap agar bisa menjadi seorang guru yang profesional. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan profesionalitas guru. Menjadi guru profesional sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan karena profesionalisme seorang guru berasal dari kepribadian guru itu sendiri.
Tujuan utama seorang guru sebagai pendidik tentunya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru sebagai media perantara bagi siswa untuk dapat menerima ilmu pengetahuan dan bimbingan sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.
Namun, belakangan ini, citra guru di masyarakat terlihat menurun sehingga sangat jarang guru yang bisa disebut sebagai guru yang profesional. Mengapa masyarakat bisa memberikan penilaian demikian? Hal ini disebabkan karena masyarakat menilai bahwa para pendidik saat ini tidak seperti guru – guru jaman dulu yang memiliki pengabdian yang besar dalam dunia pendidikan. Selain itu, anggapan masyarakat juga didukung oleh banyaknya survei tentang kelayakan mengajar karena ternyata banyak guru yang sebenarnya tidak layak untuk mengajar atau kemampuan mengajarnya di bawah standar. Jika kemampuan guru tidak memenuhi kriteria, lantas apa yang akan terjadi dengan generasi penerus bangsa ini?
Untuk bisa dikatakan sebagai guru profesional, seorang guru harus memiliki komitmen tinggi terhadap pekerjaannya sebagai guru. Guru juga harus bertanggung jawab penuh terhadap segala hal yang telah dilakukannya termasuk bagaimana cara mengajarnya. Persyaratan lain yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional adalah kemampuan untuk berpikir sistematis. Guru profesional harus dapat berpikir sistematis tentang hal – hal yang telah dilakukannya dan juga belajar dari pengalaman yang sudah – sudah.
Penguasaan materi adalah syaratt mutlak seorang guru dikatakan sebagai guru profesional. Penguasaan materi tidak hanya meliputi materi yang akan diajarkan kepada siswa tetapi juga materi – materi lain yang berhubungan sehingga jika siswa bertanya kepada guru, guru pun tidak akan kesulitan saat menjawab pertanyaan – pertanyaa yang sering muncul di luar dugaan guru.
Jika syarat – syarat tersebut berhasil dipenuhi, maka seorang guru bisa dikatakan sebagai guru profesional.


Demikianlah Artikel Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional

the life of the muslim world Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/syarat-agar-seorang-guru-disebut-guru.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Syarat Agar Seorang Guru Disebut Guru Profesional"