Apa Saja Tugas Guru di Sekolah

Apa Saja Tugas Guru di Sekolah - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Apa Saja Tugas Guru di Sekolah, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Apa Saja Tugas Guru di Sekolah
judul artikel : Apa Saja Tugas Guru di Sekolah

lihat juga


Apa Saja Tugas Guru di Sekolah

Apa Saja Tugas Guru di Sekolah
Penulis: Paula


Guru sebagai seorang pendidik harus memahami peran dan tugasnya di sekolah. Sebelum mengajar, guru sudah harus dibekali dengan ilmu keguruan karena ilmu tersebut akan dijadikan sebagai dasar. Selain ilmu keguruan, guru juga harus memiliki ketrampilan dan latihan keguruan. Seorang guru yang profesional mampu mengkombinasikan pengetahuan sikap dan ketrampilan keguruan untuk ditransformasikan kepada peserta didik.

Sebenarnya guru yang benar – benar memahami tugas dan fungsinya tidak hanya sebatas pada kewajiban – kewajiban di sekolah saja, namun juga berperan sebagai penghubung antara masyarakat dan sekolah.

Fungsi dan tugas guru diantaranya adalah mendidik siswa dengan ilmu pengetahuan, membentuk kepribadian atau karakter siswa yang sesuai dengan Pancasila, sebagai fasilitator untuk siswa, membimbing siswa ke arah kedewasaan, menyiapkan siswa agar menjadi warga negara yang baik, merencanakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan sponsor dalan kegiatan anak – anak. Sebenarnya masih banyak tugas – tugas guru lainnya karena tugas guru memang tidak hanya sebatas pada memberikan pengajaran atau mentransfer ilmu saja.

Seorang guru dikatakan sebagai guru yang profesional jika guru berfungsi sebagai pendidik sekaligus pembimbing. Pembimbing disini berarti orang yang melakukan serangkaian usaha untuk memajukan pendidikan bagi peserta didik sehingga guru berperan sebagai pendidik dan pembimbing. Misalnya guru di kelas tentu tidak hanya akan mendidik dan mengajar siswanya, tetapi sering kali juga memberikan bimbingan belajar, membimbing siswa agar memiliki akhlak yang baik, dll. Oleh karena itu dalam proses pendidikan, kegiatan mengajar, mendidik, dan membimbing adalah hal yang tidak dapat dipisahkan.

Selain itu, membimbing juga bisa diartikan sebagai kegiatang yang menuntun peserta didik dalam perkembangannya dan mengarahkan mereka sesuai dengan tujuan pendidikan. Guru sebagai pendidik harus selalu berlaku membimbing atau menuntun siswa sehingga dalam gal ini guru juga berpera penting untuk membantu mengatasi kesulitan – kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Guru diharapkan dapat menciptakan perkembangan fisik dan mental siswa. Seorang guru juga harus menjadi motivator yang baik karena guru berperan penting dalam mendorong peserta didik agar aktif dan semangat untuk belajar.


Demikianlah Artikel Apa Saja Tugas Guru di Sekolah

the life of the muslim world Apa Saja Tugas Guru di Sekolah, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Apa Saja Tugas Guru di Sekolah dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/apa-saja-tugas-guru-di-sekolah.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Apa Saja Tugas Guru di Sekolah"