Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru

Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru
judul artikel : Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru

lihat juga


Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru

Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru
Penulis: Paula


Berdasarkan UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dalam undang – undang tersebut menyatakan bahwa guru adalah pendidik yang profesional yang tugas utamanya adalah mendidik, mengarahkan, membimbing, menilai, melatih, dan mengevaluasi siswa pada pendidikan anak usia dini formal, pendidikan dasar, dan juga pendidikan tingkat menengah.
Guru yang profesional harus memenuhi kualifikasi akademik minimal sarjana Strata 1 (S1) atau Diploma IV, menguasai keempat kompetensi guru yang meliputi kompetensi sosial, pedagogik, pribadi, dan profesional, sehat jasmani dan rohani, memiliki sertifikat sebagai pendidik, dan memiliki kompetensi yang memadai untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Berdasarkan Undang – Undang No 14 2005 tersebut, guru memiliki kedudukan sebagai tenaga profesional. Profesional menurut undang – undang tersebut adalah kegiatan atau pekerjaan tag dilakukan oleh seseorang yang juga menjadikan pekerjaan tersebut sebagai sumber penghasilan kehidupan. Profesional memerlukan kemahiran, kecakapan, atau keahlian tertentu yang sesuai dengan standar mutu, norma tertentu, memerlukan pendidikan profesi.
Guru sebagai tenaga profesional diharapkan bisa meningkatkan peran dan martabatnya sebagai agen pembelajaran. Pada akhirnya, guru diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Pengakuan profesi guru sebagai tenaga profesional dibuktikan dengan sertifikat sebagai pendidik yang diperoleh melalui proses sertifikasi.
Pelaksanaan program sertifikasi guru sudah dimulai sejak tahun 2007 hingga tahun ini. Program sertifikasi ini mengacu pada hasil analisis terhadap pelaksanaan program sertifikasi guru dan juga didukung dengan beberapa kajian tentang penyelenggaraan program sertifikasi guru sebelumnya.
Program sertifikasi guru mengalami perubahan pada tahun 2012 diantaranya adalah perubahan mendasar pada pola penetapan peserta sertifikasi dan pelaksanaan tes uji kompetensi sebelum melaksanakan PLPG.
Pelaksanaan program sertifikasi pada kenyataannya melibatkan banyak instansi terkait. Agar penjaminan mutu terhadap prosedur dan mekanisme pelaksanaan sertifikasi dapat dilakukan dengan baik, guru memerlukan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi.
Walaupun tujuan sertifikasi adalah meningkatkan profesionalisme guru, pada kenyataannya di lapangan banyak terjadi penyelewengan – penyelewengan. Selain itu, program ini juga sangat menguntungkan bagi guru PNS sementara untuk guru yang berstatus tidak tetap sampai saat ini nasibnya masih belum jelas.


Demikianlah Artikel Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru

the life of the muslim world Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/mengapa-diadakan-sertifikasi-guru.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mengapa Diadakan Sertifikasi Guru"