Manajemen Likuiditas Bank

Manajemen Likuiditas Bank - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Manajemen Likuiditas Bank, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Manajemen Likuiditas Bank
judul artikel : Manajemen Likuiditas Bank

lihat juga


Manajemen Likuiditas Bank



Manajemen Likuiditas Bank
Penulis: Paula
Pengelolaan likuiditas bank adalah salah satu masalah yang tidak mudah dalam kegiatan operasional bank. Pengelolaan likuiditas memang tidak mudah karena hal ini disebabkan oleh dana yang dikelola oleh bank sebagian besar bersumber dari masyarakat yang bersifat jangka pendek. Dana tersebut bisa ditarik kembali oleh masyarakat sewaktu – waktu saat mereka membutuhkannya. Oleh sebab itu, bank harus sangat memperhatikan kebutuhan likuiditas untuk jangka waktu tertentu.
Perkiraan kebutuhan likuiditas sangat dipengaruhi oleh jenis dan sifat sumber dana yang dikelola oleh bank dan perilaku penarikan nasabah bank tersebut.
Beberapa ahli memberikan pengertian likuiditas dalam istilah perbankan. Misalnya saja Joseph E. Burns yang berpendapat bahwa Likuiditas bank berhubungan dengan kemampuan bank untuk mengimpun danan dengan jumlah tertentu, biaya tertentu, dan jangka waktu tertentu. Sementara itu menurut Olver G Wood, Jr Likuiditas ialah kemampuan suatu bank untuk dapat memenuhi semua penarikan dana, kewajiban yang sudah jatuh tempo, dan dapat memenuhi permintaan kredit.
Oleh sebab itu, Likuiditas dapat diartikan bahwa bank harus memiliki dana yang cukup untuk kegiatan operasionalnya.
Sumber utama kebutuhan likuiditas dalam perbankan berasal dari adanya kebutuhan untuk memenuhi saldo rekening minimum bank koresponden, ketentuan likuditas wajib yang harus dimiliki oleh bank, permintaan kredit dari masyarakat, dan penarikan simpanan dari nasabah.
Sesuai dengan sumber – sumber likuiditas bank di atas, manajemen likuiditas bank memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah:
·          Menjaga posisi likuiditas dari suatu bank agar bank tersebut selalu berada dalam posisi yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia
·         Mengelola alat – alat likuid agar dapat memenuhi kebutuhan – kebutuhan cash flow, termasuk untuk memenuhi kebutuhan yang tidak diperkirakan seperti penarikan secara tiba – tiba pada sejumlah deposito dan giro berjangka yang belum jatuh pada waktunya.
·         Memperkecil terhadinya danan mengaggur
·         Menjaga proyeksi cash flow agar berada dalam posisi aman, khususnya dalam keadaan bunga berfluktuasi.
Untuk mencapai tujuan manajemen likuiditas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh bank misalnya menjaga keseimbangan jangka waktu aset dengan kewajiban, melalukan diversifikasi sumber dana, memperpanjang jatuh tempo kewajiban bank, dan memperbaiki posisi likuiditas bank.


Demikianlah Artikel Manajemen Likuiditas Bank

the life of the muslim world Manajemen Likuiditas Bank, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Manajemen Likuiditas Bank dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/manajemen-likuiditas-bank.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Manajemen Likuiditas Bank"