Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo

Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo
judul artikel : Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo

lihat juga


Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo

Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo
Penulis: Paula
Kesenian reog merupakan salah satu hiburan rakyat yang berasal dari Jawa Timur, teparnya di Ponorogo. Sebenarnya, reog juga banyak berkembang di daerah – daerah Jawa Timur lainnya, namun ponorogo dianggap sebagai kota asal kesenian ini. Hal tersebut bisa terlihat dengan adanya sosok gemblak dan warok yang menghiasi gerbang masuk kota Ponorogo. Kesenian reog merupakan salah satu warisan budaya daerah di Indonesia. Kesenian ini masih sangat identik dengan hal – hal berbau mistik serta ilmu kebatinan yang kuat.
Asal usul kesenian reog sendiri ada bermacam – macam. Salah satu versi yang paling dikenal di masyarakat adalah versi yang menceritakan tentang pemberontakan seorang abdi kerajaan, Ki Ageng Kutu pada abad ke-15. Abdi kerajaan tersebut marah karena adanya pengaruh kuat dari istri raja Majapahit yang notabene berasal dari Cina. Ki Ageng Kutu juga marah terhadap rajanya karena dalam pemerintahannya banyak ketidakjujuran dan beranggapan bahwa kejayaan Majapahit akan berakhir. Kemudian, ia meninggalkan raja dan mendirikan sebuah perguruan yang mengajarkan seni bela diri, ilmu kesempurnaan, dan ilmu kekebalan diri pada para muridnya yang diharapkan kelap dapat menjadi tnggak kebangkitan kerajaan Majapahit. Menyadari bahwa jumlah pasukannya terlalu kecil,  perlawanan Ki Ageng Kutu tersebut disampaikan melalui pertunjukan reog. Pagelaran ini adalah sindiran untuk raja Kertabhumi.
Dalam pertunjukkan kesenian Reog, terdapat topeng besar berbentuk kepala singa atau lebih dikenal sebagai Singa Barong atau raja hutan yang merupakan simbol yang menggambarkan raja Kertabhumi. Di atas kepala singa tersebut terdapat bulu – bulu merak yang menyerupai kipas. Hal ini menyimbolkan pengaruh rekan Cina raja dan juga mengatur segala gerak geriknya.
Sampai saat ini, masyarakat Ponorogo hanya mengikuti warisan dari nenek moyang mereka. Dalam perjalanannya, seni reog adalah cipta kreasi manusia yang terbentuk karena aliran kepercayaan secara turun temurun. Upacara untuk mengadakan kesenian reog ini pun juga memerlukan syarat – syarat yang cukup sulit untuk orang awam sehingga tanpa adanya garis keturunan dari Ki Ageng Kutu atau murid – muridnya tentu akan sulit untuk melakukan pertunjukan ini. Seni reog sampai saat ini masih menjadi hiburan rakyat yang masih populer di masyarakat Jawa Timur.


Demikianlah Artikel Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo

the life of the muslim world Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/seni-reog-hiburan-rakyat-ponorogo.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Seni Reog Hiburan Rakyat Ponorogo"