Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara

Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara
judul artikel : Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara

lihat juga


Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara

Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara
Penulis: Paula
Pulau Bali merupakan pulau yang terkenal dengan keragaman seni budaya sehingga pulau ini pun menarik banyak minat masyarakat dunia. Tari kecak merupakan salah satu kesenian asli dari Bali yang sangat terkenal. Tari kecak yang merupakan kesenian tradisional dari Bali ini pada proses pertunjukkannya hanya dilakukan oleh laki – laki dan sebagai hiburan rakyat. Saat berlangsungnya pagelaran tari kecak, para penari tersebut biasanya memakai makaian yang sangat khas Bali yaitu kain dengan motif hitam putih kotak – kotak yang melingkari pinggang. Dalam melakukan tarian kecak, hal yang dilakukan oleh penari adalah duduk berbaris dan membantuk lingkaran yang mengikuti irama tertentu sambil mengangkat tangan.
Tari kecak berbeda dengan kesenian tradisional lain yang biasanya memakai alat musik tradisional untuk mengiri kesenian, namun tari kecak sama sekali tidak menggunakan alat musik karena iringan tarian hanya menggunakan kata cak cak..cak..cak.. yang dilakukan oleh para penari kecak secara bersahutan dan dengan irama yang diatur sedemikian rupa untuk menghasilkan suara yang harmonis dan indah di telinga.
Kesenian tari kecak sebenarnya adalah gambaran dari kisah Ramayana yang menceritakan proses ketika barisan kera yang membantu Rama melawan si jahat Rahwana. Hal tersebut terlihat jelas dari beberapa penari kecak yang juga memerankan beberapa tokoh yang ada dalam cerita Ramayana seperti Shinta, Rama, Rahwana, Sugriwa, dan Hanoman. Walaupun demikian, Kecak sendiri sebenarnya merupakan ritual shangyang atau tradisi tarian dimana para penarinya akan menjadi tidak sadar yang kemudian akan berkomunikasi pada Tuhan dan menyampaikan harapan pada masyarakat.
Walaupun tari kecak adalah tarian tradisional dari Bali, menerut beberapa referensi, kesenian tari kecak sebenarnya melibatkan seniman Jerman pada proses penciptaannya yaitu Walter Spies. Walter Spies yang merupakan pelukis asal Jerman bekerja sama bersama Wayan Limbak untuk menciptakan seni tari yang menjadi perwujudan dari penggabungan antara alur cerita Ramayana dan tradisi Sanghyang sehingga terciptalah tari kecak. Tari kecak saat ini banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke pulau dewata, sehingga rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke Bali tanpa menyempatkan diri melihat pertunjukan tari kecak.


Demikianlah Artikel Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara

the life of the muslim world Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/tari-kecak-hiburan-rakyat-bali-yang.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Tari Kecak Hiburan Rakyat Bali yang Populer Sampai ke Mancanegara"