Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban

Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban
judul artikel : Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban

lihat juga


Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban

Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban
Penulis: Paula
Tayuban atau tayup merupakan kesenian tradisional khas dari suku Jawa, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah. Hampir semua daerah di pulau jawa mengetahui kesenian tayub yang juga dikenal sebagai tari pergaulan. Daerah – daerah tersebut adalah Bojonegoro, Lamongan, Blora, Malang, Jombang, Blitar, Tuban, dan daerah – daerah sekitarnya. Walaupun kesenian ini sangat populer, yang selama ini berkembang dengan pesat dan dikenal di dunia nasional adalah langgam Tayub dari Tuban.
Pagelaran tayub adalah kesenian tradisional yang sudah diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang sejak jaman kerajaan Singasari. Kesenian ini berlangsung dan berkembag sebagai budaya dan tradisi lokal masyarakat Jawa. Awalnya, tayub adalah seni gambyong istana yang sangat identik dengan nuansa magis dan religi. Seiring dengan semakin berkembangnya jaman, dan kesenian di masyarakat, kesenian ini menjadi lebih dikenal dengan tari pergaulan dan fungsinya juga berubah menjadi hiburan rakyat dan kadang masih digunakan untuk berbagai acara adat misalnya khitatan, pernikahan, selamatan, dll.
Adanye perkembangan pada kesenian ini tentu juga diikuti oleh aspek – aspek lain yang juga menjadi faktor pendorong semakin berkembangnya Tayub di Kabupaten Tuban. Masuknya modernisasi di Indonesia juga turut mempengaruhi bentuk penyajian tayub dalam perkembangnnya.
Menurut sesepuh tayub dari Nganjuk, Soegio Pranoto, tayub diambil dari kata ‘ditata ben guyup’. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kata – kata tersebut berarti ‘diatur supaya menjadi rukun’. Arti ini adalah esensi seni taub yang harus dimunculkan.
Kesenian tayub ini bisa dilakukan oleh pria dan wanita secara berpasangan. Adanya kesenian tayub ini berpangkal pada cerita tentang kedewataan yaitu saat dewa dewi menari secara berjajar dengan gerakan yang guyup.
Dalam pementasan seni tayup, terdapat beberapa pemeran yaitu waranggana, pengrawit gamelan, penayub, dan pengarih. Orang yang mengatur jalannya pagelaran seni tayub adalah pengarih. Pengarih juga bertugas untuk mengatur urutan giliran kehormatan dari penari tayub kepada tamu; mencegah hal yang tidak diharapkan seperti pelanggaran asusila, mabuk – mabukan, dan keonaran; dan melerai perkelahian. Dalam sebuah kesenian tayub biasanya hanya terdapat 1 pengarih atau pramugari tayub.


Demikianlah Artikel Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban

the life of the muslim world Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/pagelaran-kesenian-tayub-hiburan-rakyat.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pagelaran Kesenian Tayub Hiburan Rakyat Di Tuban"