Sejarah Sastra Indonesia

Sejarah Sastra Indonesia - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Sejarah Sastra Indonesia, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Sejarah Sastra Indonesia
judul artikel : Sejarah Sastra Indonesia

lihat juga


Sejarah Sastra Indonesia

Sejarah Sastra Indonesia
Sejarah sastra merupakan cabang ilmu yang mempelajari perkembangan karya sastra dari masa ke masa. Dalam sejara sastra, didalamnya terdapat teori, sejarah, dan juga kritik sastra. Ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain. Menurut Todorov, tugas sastra ada tiga yaitu meneliti karagaman dari tiap kategori karya sastra, mempelajari kenis karya secara diakronis dan sinkronis, serta menentukan kaidah tentang keragaman peralihan karya sastra dari masa ke masa selanjutnya.
Banyak ahli sastra yang berpendapat tentang periodisasi sastra di Indonesia salah satunya adalah Nugroho Notosusanto. Menurut ahli sastra ini, periodisasi sastra Indonesia terdiri dari 2 jenis yaitu kesusastraa melayu lama dan kesusastraan Indonesia modern. Sementara itu, menurut Simomangkir Simanjutak, periodisasi sastra Indonesia terdiri dari 4 tahap yaitu kesusastraan masa lampau, kesusastraan masa Hindu/Arab, kesusastraan masa Islam, dan kesusastraan Masa Baru.
Kepulauan di Nusantara berada di antara dua benua yaitu benua Australia dan Asia dan diapit oleh dua samudra yaitu samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Nusantara dihuni oleh beragam suku bangsa yang memiliki sejarah, adat istiadat, kebudayaan, dan bahasa masing – masing. Bahasa Indonesia sendiri berasal dari bahasa melayu. Bahasa melayu tersebut sevenarnya merupakan salah satu bahasa daerah. Bahasa ini dulu digunakan sebagai bahasa sehari – hari oleh masyarakat melayu yang tinggal di pantai timur Sumatera.
Sayangnya Sastra Melayu Klasik tidak bisa digolongkan berdasarkan pada jangka waktu tertentu. Hal ini disebabkan karena hasil karya sastra Melayu Klasik tidak memperlihatkan waktu. Karya pada masa itu adalah milik bersama. Oleh karena itu penggolongan karya biasanya berdasarkan ayas isi, bentuk, dan juga pengaruh asing.
Kesusastraan melayu asli adalah kesustraan rakyat yang hidup ditengah masyarakat. Umumnya, karya tersebut diturunkan secara turun temurun misalnya nenek kepada cucu atau pencerita pada pendengar. Oleh karena itu sering disebut sebagai sastra lisan.
Perkembangan kesusastraan tentu tidak luput dari pengaruh budaya yang ada saat itu. Sebelum masa Hindu Buddha, masyarakat masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme sehingga cerita mereka selalu berhubungan dengan kepercayaan pada kekuatan gaib dan roh – roh halus.


Demikianlah Artikel Sejarah Sastra Indonesia

the life of the muslim world Sejarah Sastra Indonesia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sejarah Sastra Indonesia dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/sejarah-sastra-indonesia.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Sastra Indonesia"