Obyek Dalam Ilmu Sastra

Obyek Dalam Ilmu Sastra - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Obyek Dalam Ilmu Sastra, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Obyek Dalam Ilmu Sastra
judul artikel : Obyek Dalam Ilmu Sastra

lihat juga


Obyek Dalam Ilmu Sastra

Obyek Dalam Ilmu Sastra
Banyak orang yang masih bertanya – tanya sampai saat ini tentang obyek ilmu sastra. Sebenarnya mudah saja karena obyek ilmu sastra adalah realita kehidupan manusia yang diabstrakkan menjadi karya sastra. Ini merupakan pengertian obyek ilmu sastra menurut Budi Darma. Oleh sebab itu, obyek utama dalam ilmu sastra tidak lain adalah karya sastra. Walaun karya sastra sangat beragam tidak semua karya sastra menjadi obyek dalam ilmu sastra. Karya sastra tersebut harus bersifat kreatif, intuitif, imajinatif, abstraksi kehidupan, dan bertitik tolak pada penghayatan. Oleh karena itu tidak mungkin membicarakan ilmu sastra jika tanpa adanya karya sastra.
Karya sastra merupakan pengungkapan tentang filsafat, ilmu jiwa, dan masalah hidup. Seorang sastrawan bisa dikatakan sebagai ahli filsafat dan ilmu jiwa yang mengungkapkan tentang masalah kejiawaan bukan dengan cara yang akademik tetapi melalui karya sastra.
Bahasa yang biasa digunakan dalam karya sastra memiliki ciri khas tersendiri. Biasanya bahasa tersebut telah mengalami pemutarbalikan atau penyimpangan dari bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari – bahasa. Bahasa umum yang sudah dikenal ini kemudian digali, disulap, diasingkan, dan diberi penambahan muatan atau makna baru. Oleh karena itu banyak yang menganggap bahwa karya sastra adalah wujud referensi wacana sedangjan wacana sastra dianggap sebagai suatu pemakaian bahasa bukan sebagai ragam bahasa.
Karya sastra memiliki logika sendiri yang erat kaitannya dengan kenvensi karya sastra. Logika dalam karya sastra mencakup bentuk dan isi dari karya sastra. Bentuk pantun tiap baitnya terdiri dari 4 baris. Tiap baris terdiri dari 9 sampai 10 suku kata atau 4 kata dan sajaknya ab ab. Baris pertama dan baris kedua adalah sampiran sedangkan isinya terdapat pada baris tiga dan empat. Hal – hal yang disebutkan diatas merupakan logika puisi yang dikenal sebagai pantun. Jika hal tersebut berubah, maka logikanya juga akan berubah karena jika semua adalah isi maka disebut syair. Selain itu dalam puisi biasanya juga banyak yang tidak masuk akal jika menggunakan logika namun masuk akal untuk logika puisi.


Demikianlah Artikel Obyek Dalam Ilmu Sastra

the life of the muslim world Obyek Dalam Ilmu Sastra, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Obyek Dalam Ilmu Sastra dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/obyek-dalam-ilmu-sastra.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Obyek Dalam Ilmu Sastra"