Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra

Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra
judul artikel : Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra

lihat juga


Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra

Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra
Jika mendengar kata sejarah, tentu akan banyak orang yang mengira bahwa sejarah selalu berhubungan dengan peristiwa masa lalu. Sebenarnya persepsi ini memang tidak bisa disalahkan. Tetapi peristiwa masa lalu yang seperti apa yang dapat dimasukkan kedalam kategori sejarah. Pertanyaan ini merupakan pedoman apakah semua hal – hal yang terjadi di masa lalu bisa dikategorikan kedalam sejarah. Pendapat para ahli juga mengacu pada kesimpulan yang sama bahwa sejarah adalah peristiwa di masa lalu yang jelas peristiwanya. Demikian halnya dengan sejarah sastra. Sejarah sastra mengkaki tentang sejarah atau asal usul kesusastraan dengan periode waktu yang jelas.
Dalam ilmu sastra, sejarah sastra juga tidak lebih dari dokumen – dokumen dan teks sastra. Namun sebagai salah satu cabang ilmu, perumusan sejarah sastra ternyata tidak semudah yang dibayangkan dan justru lebih rumit karena sastra yang diciptakan harus bisa didokumentasikan berdasarkan hal yang melatarbelakangi, gaya, karakteristik isi, dan periodenya. Oleh karena itu, perumusan ini memerlukan ketelitian dan kecermatan yang tidak hanya melibatkan karya sastra, tetapi juga penggolongan pencipta dari karya tersebut dan ideologi yang ingin disampaikan oleh pencipta karya tersebut.
Ketelitian dan kecermatan dalam perumusan sejarah sastra sangat penting karena sejarah sastra bukan hanya sebatas mendokumentasi dan mempelajari sastra saja tetapi sejarah sastra juga memiliki hubungan dengan teori – teori yang ada dalam ilmu sastra. Karena adanya sejarah sastra, amka bisa diketahui dengan jelas jenis apa karya yang sedang diteliti tersebut dan juga sebagai perbandingan dengan karya – karya lain sejak keberadaanya hingga pada perkembangan yang terbaru.
Tidak hanya itu saja, perbandingan karya juga harus mencakup aliran, ciri – ciri karya, pengaruh, gaya, gejala yang ditimbulkan, dan bentuk dari karya tersebut. Tentu saja perbandingan ini juga tidak terlepas dari faktor – faktor perumusan sejarah sastra yaitu mencakup asal usul karya, acuan, pengelompokkan, dan pemetaan. Teori sastra adalah sistem yang universal atau berlaku untuk tiap karya sastra. Berdasarkan teori – teori yang ada, maka karya sastra pun bisa dianalisis.


Demikianlah Artikel Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra

the life of the muslim world Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/sejarah-sastra-adalah-bagian-dari-ilmu.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Sastra Adalah Bagian Dari Ilmu Sastra"