Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar

Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar
judul artikel : Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar

lihat juga


Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar

Penulis:Paula

Siswa Sekolah Dasar termasuk kategori anak – anak berusia 6 sampai 12 tahun dimana dalam tahap tersebut siswa masih dalam tahap perkembangan kognitif operasional konkret sehingga guru harus mencoba memberikan materi pembelajaran dengan contoh yang nyata agar bisa disimpan dalam memori siswa dan siswa dapat mengingatnya untuk jangka panjang. Perubahan tahap dari operasional konkret menuju abstrak tentu bukan hal yang mudah karena anak harus belajar untuk menyimpan informasi dalam bentu simbol – simbol dan rumus – rumus. Di kelas inklusi, siswa yang berbeda – beda kemampuannya digabung ke dalam satu kelas sehingga kemampuan daya tangkap antara anak yang satu dengan yang lain tidaklah sama. Seringkali, ada pula beberapa anak yang mengalami kesulitan belajar di kelas sehingga guru harus menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk dapat mengakomodasi semua kebutuhan siswa di kelasnya.
Salah satu model pembelajaran yang paling populer digunakan di sekolah dasar saat ini adalah pembelajaran cooperative learning. Model pembelajaran ini lebih menekankan pada pengelompokkan siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda menjadi dalam kelompok – kelompok kecil.
Agar pembelajaran cooperative learning ini dapat berlangsung secara efektif di sekolah dasar, ada beberapa unsur – unsur dasar yang harus ditanamkan dalam diri siswa misalnya siswa harus memiliki rasa kebersamaan yang tinggi, bertanggung jawab dengan semua anggota kelompoknya, dan berpandangan bahwa semua siswa memiliki tujuan yang sama.
Dalam model pembelajaran ini, semua siswa dalam kelompok harus mendapatkan tanggung jawab yang sama. Disini, siswa yang mengalami kesulitan belajar akan dibantu oleh teman yang sudah bisa. Sementara itu, model pembelajaran ini juga akan mengembangkan ketrampilan sosial siswa sehingga dalam proses pembelajaran di sekolah, siswa tidak hanya berkembang segi kognitifnya saja tetapi juga perkembangan sosialnya yang tidak kalah penting untuk kehidupan mereka sehari – hari.
Pada penerapan model cooperative learning, siswa diajarkan tentang ketrampilan – ketrampilan khusus supaya mereka dapat bekerja sama dalam kelompok termasuk bagaimana cara menjelaskan kepada teman satu kelompok, saling menolong, berdiskusi, dan menghargai pendapat teman.


Demikianlah Artikel Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar

the life of the muslim world Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/pembelajaran-cooperative-learning-di.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pembelajaran Cooperative Learning di Sekolah Dasar"