Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar

Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar
judul artikel : Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar

lihat juga


Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar

Penulis:Paula

Kurikulum baru yang akan mulai diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014 ini akan mengurangi pelajaran di sekolah, khususnya di Sekolah Dasar yang pembelajarannya banyak mengalami perubahan.
Jumlah mata pelajaran di sekolah dasar yang awalnya ada 10 mata pelajaran nantinya akan dikurangi sehingga hanya menjadi 6 mata pelajaran. Enam mata pelajaran yang masih akan tetap diajarkan di sekolah dasar meliputi Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani, Matematika, dan Kesenian, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Sementara itu, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial yang sebelumnya juga masuk dalam mata pelajaran di sekolah dasar akan diintegrasikan kedalam mata pelajaran lain seperti matematika dan bahasa Indonesia, menyesuaikan tema apa yang sedang dibahas dalam pelajaran.
Misalnya saja di Ilmu Pengetahuan Alam ada tema tentang air, tema air tersebut dapat masuk ke dalam pelajaran Matematika yang menghitung volume air dan debit air. Tema air juga bisa masuk ke dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebagai bacaan yang dapat dicari ide pokoknya dan dianalisis sesuai dengan ilmu yang diajarkan pada materi pelajaran Bahasa Indonesia.
Dengan demikian, kedua mata pelajaran tersebut bukannya akan dihapus dalam kurikulum yang baru, namun akan diintegrasikan kedalam tema. Sehingga, walaupun pembelajaran IPA dan IPS tidak diajarkan dalam mata pelajaran yang terpisah, materi – materi dalam IPA dan IPS akan tetap diajarkan oleh guru.
Menurut Mendikbud, M. Nuh ada tiga opsi yang bisa mengenai eksistensi mata pelajaran IPA dan IPS. Pertama, mata pelajaran IPA dan IPS tidak dimunculkan tetapi muncul dalam mata pelajaran lain. Opsi yang kedua, tidak adanya mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar hanya berlaku untuk kelas bawah yaitu kelas 1, 2, dan 3 karena menggunakan pembelajaran tematik. Pelajaran tersebut akan muncul sebagai mata pelajaran untuk kelas 4 sampai kelas 6. Opsi yang ketiga, pelajaran tersebut akan muncul secara terpisah di kelas 5 dan 6 SD. Adanya pengurangan mata pelajaran saat ini sebenarnya adalah untuk mengurangi beban belajar siswa yang dirasa belum waktunya untuk mempelajari pengetahuan yang begitu banyak. Oleh sebab itu, pembelajaran di kelas bawah lebih difokuskan untuk tema – tema yang dekat dengan kehidupan siswa sehari – hari.


Demikianlah Artikel Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar

the life of the muslim world Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/mata-pelajaran-ipa-dan-ips-akan-dihapus.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mata Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus di Sekolah Dasar"