Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank

Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank
judul artikel : Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank

lihat juga


Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank



Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank
Penulis: Paula
Penilaian terhadap tingkat  Kesehatan Bank termasuk penilaian yang bersifat kualitatif dan mempertimbangkan berbagai macam aspek yang mempengaruhi kinerja atau kondisi dari suatu Bank. Aspek – aspek yang dinilai untuk mengetahui tingkat Kesehatan Bank diantaranya adalah faktor Capital (modal), Asset Quality (Kualitas Aset), earning (pendapatan), liqudity (likuiditas, dan sensitivity to market risk (sensitivitas terhadap resiko pasar). Faktor – faktor tersebut biasa disingkat menjad CAMELS.
Penilaian terhadap aspek – aspek tersebut, secara umum akan dijelaskan sebagai berikut:
1.     Capital ( Modal)
Penilaian yang dilakukan terhadap faktor modal mencakup penilaian terhadap bebeberapa unsur yaitu komposisi, kecukupan, dan proyeksi permdalan serta kemampuan Bank untuk mengatasi aset – aset yang bermasalah. Selain itu penilaian permodalan juga menilai kemampuan Bank untuk memelihara kebutuhan tambahan modal yang berasal dari rencana permodalan Bank dalam mendukung pertumbuhan usaha, keuntungan, kinerja keuangan pemegang saham, dan akses terhadap sumber permodalan.

2.     Kualitas Aset atau Asset Quality
Penilaian terhadab aspek kualitas aset mencakup penilaian terhadap beberapa komponen, seperti konsentrasi eksposur resiko kredit, kualitas aktiva produktif, kecukupan penyisihan penghapusan aktiva produktif, dan perkembangan aktiva produktif bermasalah. Selain itu, komponen – komponen tersebut, komponen lain yang dinilai adalah sistem kaji ulang internal, kecukupa kebijakan dan prosedur, kinerja penganganan aktiva produktif yang bermasalah, dan sistem dokumentasi.

3.     Manajemen
Penilaian yang dilakukan untuk aspek manajemen diantaranya adalah penilaian terhadap kualitas manajemen umum, penerapan majemen resiko, komitmen Bank kepada Bank Indonesia, dan kepatuhan bank terhadap peraturan atau ketentuan yang berlaku.

4.     Rentabilitas
Penilaian untuk aspek rentabilitas mencakup penilaian terhadap pencapaian ROA (return on assets), ROE (return on equity), NIM (net interest margin), dan tingkat efisiensi Bank. Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah diversifikasi pendapatan, perkembangan laba operasional, prospek laba operasional, dan penerapan prinisip akuntansi untuk pengakuan biaya dan pendapatan.

5.     Likuiditas
Penilaian untuk aspek likuiditas mencakup penilaian terhadap rasio aktiva/pasiva likuid, kondisi LDR (Loan to Deposit Ratio), proyeksi cash flow, konsentrasi pendanaan, potensi maturity mismatch, pengelolaan likuiditas, kecukupan kebijakan, stabilitas pendanaan, dan akses pada sumber pendanaan.

6.     Sensitivitas
Penilaian terhadap aspek sensitivitas terhadap resiko pasar mencakup beberapa komponen seperti kemampuan modal Bank untuk mengatasi kerugian karena adanya fluktuasi suku bunga dan nilai tukar, dan kecukupan penerapan manajemen untuk resiko pasar.


Demikianlah Artikel Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank

the life of the muslim world Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/aspek-aspek-yang-perlu-diperhatikan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Aspek – Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Menilai Kesehatan Bank"