Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank

Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank
judul artikel : Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank

lihat juga


Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank



Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank
Penulis: Paula
Sumber dana merupakan salah satu aspek penting yang menentukan kelangsungan sebuah bank. Sumber usaha dana bank mengumpulkan dana yang berasal dari simpanan yang berbentu giro, deposito berjakngka, dan tabungan. Ketiga sumber dana ini biasa juga disebut dengan sumber dana tradisional bank. Sumber dana bank yang berbentu simpanan tersebut bisa berasal dari nasabah maupun masyarakat. Selain itu, sumber dana bank juga bisa berasal dari modal bank itu sendiri dan dari sumber lain yang tidak masuk dalam kedua sumber tersebut.
Dana bank tersebut digunakan untuk berbagai macam keperluan. Pada dasarnya, penggunaan dana tersebut dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam.
·         Priotitas Penggunaan Dana
Berdasarkan prioritas penggunaan dana, dana bank diprioritaskan untuk dialokasikan kedalam bentuk cadangan likuiditas. Cadangan likuiditas terdiri dari dua macam yang cadangan primer dan sekunder.
Cadangan primer merupakan prioritas utama cadangan bank. Cadangan primer digunakan untuk keperluan operasi dan memenuhi ketentuan likuiditas mininum yang wajib dimiliki oleh bank. Cadangan primer ini juga digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan permintaan kredit nasabah dan penarikan simpanan. Cadangan primer meliputi saldo rekening pada bank sentral, warkat – warkat yang sedang dalam proses penagihan, dan uang kas di dalam bank.
Cadangan sekunder digunakan untuk memenuhi kebutuhan likuiditas dengan jangka kurang dari satu tahun. Tujuan dari cadangan sekunder ini juga sama – sama untuk mendapatkan keuntungan.
·         Sifat aktiva Bank
Pemakaian dana berdasarkan sifat aktiva Bank adalah pengalokasian dana dalam bentuk aktiva yang dapat maupun tidak dapat memberikan hasil bagi suatu bank. Oleh sebab itu, penggunaan dana bank berdasarkan sifat aktiva Bank dibagi menjadi 2 macam yaitu penanaman dana dalam aktiva yang tidak produktif dan penanaman dana untuk aktiva produktif.
Aktiva tidak produktif merupakan pengalokasian dana dalam bentuk aktva yang tidak dapat memberikan hasil untuk bank. Komponen dana Bank dalam bentuk aktiva tidak produktif meliputi alat – alat likuid, inventaris, dan aktiva tetap.
Aktiva produktif aalah penanaman dana dalam valuta asing dan rupiah yang dapat memberikan hasil sesuai fungsinya. Beberapa contoh aktiva aktif adalah Call money, penempatan dana, surat – surat berharga, deposito berjangka, dan penyertaan modal.


Demikianlah Artikel Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank

the life of the muslim world Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/sumber-sumber-dana-yang-dimiliki-bank.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sumber – Sumber Dana yang Dimiliki Bank"