Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi

Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi
judul artikel : Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi

lihat juga


Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi


Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi

Penulis: Paula



Istilah cast iron dalam konstruksi besi berarti besi tuang. Besi tuang merupakan jenis besi karbon dengan presentasi 2,5 sampai 3,8 persen dalam berbagai bentuk tuang dan cetakan. Mengapa disebut besi tuang? Hal ini disebabkan karena bentuk – bentuk benda yang terbuat dari besi ini harus melewati proses penuangan besi yang berwujud cair atau pijar. Besi tuang memiliki sifat yang keras namun rapuh karena bisa dicairkan sehingga bahan ini juga biasa disebut dengan besi yang tidak bisa ditempa. Besi tuang masuk dalam kategori logam ferro dan bahan asalnya adalah pig iron kelabu atau besi mentah.

Dalam proses pengerjaannya, besi mengalami proses pendinginan yang berlangsung cepat sehingga besi yang dihasilkan dari proses menuang ini lebih getas atau mudah patah. Besi tuang ini banyak digunakan dalam konstruksi besi untuk pembuatan jembatan maupun pagar. Karena sifat yang mudah patah tersebut seringkali di pagar besi cor seringkali dijumpai patahan – patahan pada ornamen di bagian atas bahar. Kegetasan besi cor kadang juga bisa disebabkan karena pencampuran pasir dalam adonan besi cair. Jika ada bagian dari besi cor yang patah, patahan tersebut sangat sulit untuk disambung kembali karena mengingat proses pembuatan besi ini yang melalui proses cor, bukan dengan cara dilas seperti pada proses untuk penyambungan besi polos atau besi tempa.

Besi tuang dibagi menjadi dua macam yaitu besi tuang kelabu dan besi tuang putih. Besi tuang kelabu adalah besi tuang yang mengandung grafit. Bahan untuk mebuat jenis besi uang ini adalah besi kasar kelabu yang memiliki kandungan silisium tinggi yaitu antara 1,5 sampai 5,5 persen dengan kadar mangan yang rendah. Dengan kandungan silisium tersebut, hal ini akan meningkatkan produksi zat arang bebas sehingga membuat besi tuang jenis ini mengandung grafit setelah didinginkan.

Besi tuang putih memiliki bidang patahan yang berwarna putih. Hal ini disebabkan karena sementit yang putih. Bahan untuk membuat besi tuang jenis ini adalah besi kasar putih yang memiliki kandungan silisium kurang dari 0,5 persen dan kadar mangan rendah.






Author: Paula







The term cast iron in iron construction means cast iron. Cast iron is a type of iron with a presentation of 2.5 to 3.8 percent in various forms of castings and molds. Why is it called cast iron? This is due to the shape of objects made of iron casting which is liquid or incandescent. Cast iron has hard but brittle properties because it can be melted. These materials are also commonly called iron which cannot be forged. Cast iron is included in the ferrous metal category and the original material is pig iron or raw iron.



In the process, the very fast process is better than this process. This cast iron has been used in iron fences for the construction of bridges and fences. Because of the perishable nature of the cast iron fence over the faults on the ornaments at the top of the bahar. Iron can sometimes also be due to mixing sand in a liquid iron mixture. If there is a broken piece of cast iron, it is very difficult to connect back because of the process that occurs, not by means of being welded on connecting plain iron or wrought iron.



Cast iron is divided into two types, namely gray cast iron and white cast iron. Gray cast iron is cast iron containing graphite. The material for making this type of iron is crude iron which has a high silisium content which is between 1.5 to 5.5 percent with low manganese content. With the silisium content, this will increase the production of free charcoal which makes this type of cast iron contain graphite after being cooled.



White cast iron has a white fault area. This is because of the white cementite. The material for making this iron is white coarse iron which has a silisium content of less than 0.5 percent and low manganese content.


Demikianlah Artikel Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi

the life of the muslim world Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/04/pengertian-cast-iron-atau-besi-tuang.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Cast Iron atau Besi Tuang Dalam Konstruksi Besi"