Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar

Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar
judul artikel : Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar

lihat juga


Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar

Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar
Penulis:Paula

Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan formal yang paling dasar. Di dalam tahap ini, siswa mendapatkan berbagai pengetahuan mendasar yang akan menjadi bekal untuk dapat memahami ilmu – ilmu yang lebih lanjut di sekolah lanjutan.
Berdasarkan pernyataan dalam Kurikulum Pendidikan Dasar, tujuan pendidikan Sekolah Dasar adalah memberikan bekal kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan ketrampilan dasar yang nantinya bermanfaat bagi kehidupan siswa dan sesuai dengan tingkat perkembangan. Bisa juga dikatakan bahwa pendidikan di Sekolah Dasar adalah menyiapkan siswa untuk masuk ke sekolah lanjutan tingkat pertama.
Pengertian sekolah dasar bisa diartikan sebagai kegiatan yang mendasari tiga aspek pokok yaitu aspek pengetahuan, sikap, dan juga ketrampilan. Aspek – aspek ini adalah dasar pendidikan yang utama karena ketiga aspek tersebut adalah hal yang paling penting dalam kehidupan.
Setiap orang memerlukan sikap – sikap hidup positif supaya kehidupannya menjadi lancar. Selain itu, dasar – dasar pengetahuan juga penting agar seseorang tidak ketinggalan informasi saat berinteraksi. Ketrampilan merupakan hal yang tidak kalah penting karena ketrampilan dapat membuat siswa tidak hanya kaya akan pengetahuan saja tetapi juga memiliki kemampuan lain yang bisa dilihat.
Dalam pendidikan di sekolah dasar, pendidikan berlangsung selama enam tahun. Selama kurun waktu 6 tahun ini, anak dididik agar dapat bersikap dengan baik dan memahami pengetahuan dasar yang diperlukan. Arti sekolah dasar sebagai pendidikan yang paling dasar harus benar – benar bisa dipahami oleh masyarakat sehingga mereka pun bisa mengikuti sistem pendidikannya. Dalam hal ini, pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar lebih memprioritaskan landasan untuk kegiatan belajar yang selanjutnya.
Tanpa adanya pendidikan dasar, tentu akan sangat sulit untuk memahami pengetahuan atau konsep baru yang diajarkan di tingkat yang lebih tinggi karena konsep – konsep baru tersebut sebenarnya merupakan pengembangan dari konsep dasar yang diajarkan di Sekolah Dasar.
Pendidikan Sekolah Dasar tidak hanya bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada para siswa, tetapi juga sebagai pendidikan formal pertama yang membentuk karakter pribadi anak sehingga anak – anak Indonesia tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter.


Demikianlah Artikel Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar

the life of the muslim world Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/tujuan-pendidikan-sekolah-dasar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar"