Penulis : Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
judul artikel : Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
Pembelajaran Tematik di
Sekolah Dasar
Penulis:Paula
Pembelajaran
tematik merupakan pembelajaran terpadu yang mengaitkan beberapa mata pelajaran
ke dalam satu tema dengan tujuan untuk memberikan pelajaran yang bermakna bagi
pada siswa sekolah dasar. Ciri – ciri pembelajaran tematik adalah pembelajaran
terpusat pada siswa, pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak, fleksibel,
memberikan pengalaman langsung untuk siswa, dan hasil pembelajaran yang
diperoleh sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa.
Landasan dalam
pembelajaran tematik adalah landasan filosofis, psikologis, dan yuridis.
Pembelajaran tematik terintegrasi dengan lingkungan. Hal ini dirancang agar
siswa sudah familiar dengan apa yang dipelajarinya. Pembelajaran tematik
memiliki banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan pembelajaran
tradisional. Pertama, pembelajaran ini mengembangkan ketrampilan berfikir siswa
sehingga membuat siswa terbiasa berpikir dan tidak hanya menerima ilmu saja
tetapi juga mampu mengkritisi. Kedua, mengembangkan ketrampilan sosial siswa
dengan menumbuhkan sikap toleransi, tanggap, dan mengembangkan komunikasi.
Ketiga, pembelajaran ini menyajikan tema pembelajaran yang nyata dan dekat dengan
kehidupan anak – anak.
Pembelajaran di
SD dengan kurikulum 2013 akan dilakukan secara tematik. Dengan sistem
pembelajaran tematik integratif, indikator pada mata pelajaran IPA dan IPS akan
muncul untuk kelas IV sampai kelas VI SD. Walaun terdapat indikator IPA dan
IPS, pembelajaranya tetap menggunakan tematik integratif.
Berdasarkan pola
tematik ini, buku – buku SD tidak lagi dibuat berdasarkan tiap – tiap mata
pelajaran. Namun, berdasarkan tema apa
saja yang akan diajarkan. Tema tersebut adalah gabungan dari beberapa pelajaran
yang sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai. Misalnya untuk kelas
satu SD akan ada delapan tema yaitu tema tentang diriku, kegemaranku, dll yang
masih berhubungan diri sendiri.
Peserta didik
kelas bawah masih masuk dalam kategori anak usia dini. Usia dini adalah masa
yang singkat tetapi sangat berperan penting untuk masa depan seseorang karena
dalam tahap ini seluruh potensi anak harus didorong dengan benar agar
berkembang secara maksimal. Anak dalam tahap ini masih bergantung pada
pengalaman langsung dan obyek yang konkret. Oleh karena itu, pembelajaran
menggunakan tema yang ada di dalam kehidupan sehari – hari siswa akan sangat
membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Demikianlah Artikel Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
the life of the muslim world Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.
0 Response to "Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar"
Post a Comment