Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
judul artikel : Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

lihat juga


Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
Penulis:Paula

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang mengaitkan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema dengan tujuan untuk memberikan pelajaran yang bermakna bagi pada siswa sekolah dasar. Ciri – ciri pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpusat pada siswa, pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak, fleksibel, memberikan pengalaman langsung untuk siswa, dan hasil pembelajaran yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa.
Landasan dalam pembelajaran tematik adalah landasan filosofis, psikologis, dan yuridis. Pembelajaran tematik terintegrasi dengan lingkungan. Hal ini dirancang agar siswa sudah familiar dengan apa yang dipelajarinya. Pembelajaran tematik memiliki banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Pertama, pembelajaran ini mengembangkan ketrampilan berfikir siswa sehingga membuat siswa terbiasa berpikir dan tidak hanya menerima ilmu saja tetapi juga mampu mengkritisi. Kedua, mengembangkan ketrampilan sosial siswa dengan menumbuhkan sikap toleransi, tanggap, dan mengembangkan komunikasi. Ketiga, pembelajaran ini menyajikan tema pembelajaran yang nyata dan dekat dengan kehidupan anak – anak.
Pembelajaran di SD dengan kurikulum 2013 akan dilakukan secara tematik. Dengan sistem pembelajaran tematik integratif, indikator pada mata pelajaran IPA dan IPS akan muncul untuk kelas IV sampai kelas VI SD. Walaun terdapat indikator IPA dan IPS, pembelajaranya tetap menggunakan tematik integratif.
Berdasarkan pola tematik ini, buku – buku SD tidak lagi dibuat berdasarkan tiap – tiap mata pelajaran. Namun, berdasarkan tema  apa saja yang akan diajarkan. Tema tersebut adalah gabungan dari beberapa pelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai. Misalnya untuk kelas satu SD akan ada delapan tema yaitu tema tentang diriku, kegemaranku, dll yang masih berhubungan diri sendiri.
Peserta didik kelas bawah masih masuk dalam kategori anak usia dini. Usia dini adalah masa yang singkat tetapi sangat berperan penting untuk masa depan seseorang karena dalam tahap ini seluruh potensi anak harus didorong dengan benar agar berkembang secara maksimal. Anak dalam tahap ini masih bergantung pada pengalaman langsung dan obyek yang konkret. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan tema yang ada di dalam kehidupan sehari – hari siswa akan sangat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.


Demikianlah Artikel Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

the life of the muslim world Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/pembelajaran-tematik-di-sekolah-dasar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar"