Kurikulum Sekolah Dasar

Kurikulum Sekolah Dasar - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Kurikulum Sekolah Dasar, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Kurikulum Sekolah Dasar
judul artikel : Kurikulum Sekolah Dasar

lihat juga


Kurikulum Sekolah Dasar

Kurikulum Sekolah Dasar
Penulis:Paula

Mulai tahun ajaran baru 2013/2014 pada bulan Juli mendatang akan mulai diberlakukan Kurikulum 2013 yang menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum baru ini akan diterapkan untuk semua jenjang pendidikan, khususnya di sekolah dasar. Mata pelajaran di Sekolah dasar yang awalnya terdiri dari 10 mata pelajaran (pendidikan agama, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPS, IPA, ketrampilan, penjaskes, pengembangan diri, dan muatan lokal) akan dipangkas menjadi 6 mata pelajaran saja meliputi pendidikan agama, PKn, Matematika, Bahasa Indonesia, Penjaskes, dan Seni Budaya.
Adanya kurikulum baru dalam dunia pendidikan ini tentu juga telah menimbulkan berbagai macam pro dan kontra. Banyak yang menganggap pelajaran IPA dan IPS menjadi hilang, padahal sebenarnya tidak dihilangkan namun diintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya. Pelajaran IPA akan masuk ke mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran IPS akan diintegrasikan ke pelajaran PKN. Pemaduan mata pelajaran ini baru akan diberlakukan untuk kelas bawah saja sedangkan kelas 4 sampai kelas 6 tetap mempelajar pelajaran IPA dan IPS secara terpisah. Selain itu muatan lokal juga akan dihapuskan termasuk bahasa Inggris dan bahasa daerah.
Sebenarnya, kurikulum yang digunakan saat ini memang cukup berat untuk anak di tingkat Sekolah Dasar. Jumlah mata pelajarannya sangat banyak dan kebanyakan bersifat menghafal. Banyaknya menghafal akan membuat daya kritis menjadi tumpul karena karena anda tidak diajarkan tentang bagaimana menalar.
Perubahan kurikulum tentu juga berarti merupakan perubahan buku – buka pelajaran. Isi buka pelajaran kelas 1 SD di kurikulum yang baru lebih didominasi gambar. Menurut Mendikbud, siswa kelas 1 SD masih belum saatnya untuk membaca dan menulis. Oleh sebab itu isi buku mata pelajaran lebih banyak gambarnya sehingga siswa menjadi lebih berminat pada pelajaran.
Tidak hanya itu saja, perubahan kurikulum di sekolah dasar juga turut berdampak pada bertambahnya jam belajar. Walaupun jam belajar ditambah, hal ini tidak perlu meningkatkan kebutugan guru atau anggaran di sekolah. Jam pelajaran yang awalnya 26 jam pelajaran setiap minggunya ditambah sehinga menjadi 30 jam pelajaran tiap minggunya.


Demikianlah Artikel Kurikulum Sekolah Dasar

the life of the muslim world Kurikulum Sekolah Dasar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Kurikulum Sekolah Dasar dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/kurikulum-sekolah-dasar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Kurikulum Sekolah Dasar"