Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan

Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan
judul artikel : Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan

lihat juga


Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan

Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan
Penulis:Paula

Kurikulum KTSP di Indonesia yang sebentar lagi akan diganti menjadi kurikulum 2013 ini menimbulkan banyak perubahan pada pendidikan di tanah air, terutama untuk tingkat sekolah dasar. Perubahan kurikulum ini ternyata tidak hanya berdampak pada proses pembelajaran saja tetapi juga pada berlangsungnya Ujian Nasional. Menurut M. Nuh, ada kemungkinan Ujian Nasional akan dihapuskan. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih menunggu proses evaluasi yang nantinya akan menentukan apakah Ujian Nasional di SD akan dihapuskan atau hanya diubah posisinya.
Perubahan yang terjadi pada proses evaluasi atau penilaian siswa juga berubah sesuai kurikulum baru sehingga keberadaan ujian nasional harus dipertimbangkan kembali. Walaupun belum mengetahui bagaimana nantinya hasil evaluasi tersebut, ujian nasional di sekolah dasar kemungkinan akan dihapuskan. Meskipun akan dihapus, M. Nuh juga menyampaikan bahwa penghapusan UN SD tersebut tidak akan dilakukan pada tahun ini, mengingat bahwa pelaksanaan ujian nasional yang akan berlangsung pada bulan Mei 2013. Dalam ujian nasional tersebut, sistem pengawasannya akan diberlakukan sistem silang pengawas atau pengawas tidak mengawasi sekolahnya sendiri sehingga saling bertukar antar sekolah.
Dalam kurikulum 2013 juga akan ada beberapa hal yang diubah dari kurikulum yang lama misalnya pelajaran budi pekerti dan pendidikan agama yang alokasi waktunya akan ditambah.
Adanya wacana tentang penghapusan ujian nasional di sekolah dasar dari pemerintah tentu banyak mendapatkan tanggapan pro dan konta, khususnya dari para pendidik. Menurut pandangan mereka yang menyesalkan wacana ini mengungkapkan bahwa ujian nasional adalah salah satu alat untuk mengukur kemampuan siswa dan sekolah.
Adanya ujian nasional juga akan ikut memacu prestasi belajar siswa sehingga mereka mau rajin belajar agar dapat lulus ujian. Selain itu, dengan adanya ujian nasional di sekolah dasar, perbedaan nilai atau prestasi suatu sekolah juga bisa dilihat karena bisa dibandingkan dengan hasil dari sekolah lain. Selain itu, tanpa adanya ujian, kelulusan juga sama seperti kenaikan kelas. Masalah lain yang dihadapi jika tidak ada ujian adalah belum ada alat evaluasi lain yang dapat mengukur hasil belajar siswa.


Demikianlah Artikel Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan

the life of the muslim world Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/ujian-nasional-sekolah-dasar-akan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Ujian Nasional Sekolah Dasar Akan Dihapuskan"