Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
judul artikel : Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

lihat juga


Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Penulis:Paula

Di jaman modern yang semakin berkembang saat ini, karakter adalah sesuatu yang sangat sulit ditemukan dalam masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan bahwa bangsa ini saat ini sedang mengalami krisis karakter. Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya kebohongan – kebohongan dan ketidakadilan yang terjadi di tengah – tengah masyarakat. Bahkan, di tingkat pemerintah pun banyak yang sudah tidak lagi mengingat karakternya sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan makhluk sosial.
Karakter menurut Suyanto merupakan cara pandang dan perilaku yang sekaligus menjadi ciri khas dari tiap individu sehingga individu menjadi unik dan tidak mudah terpengaruh dengan orang lain. Ciri khas tersebut digunakan untuk hidup dan juga bekerjasama di lingkungan keluarga dan bermasyarakat. Seseorang yang memiliki karakter baik merupakan individu yang dapat membuat keputusan dan dapat mempertanggungjawabkan segala keputusan atau perbuatan yang dilakukan.
Potensi terhadap karakter yang baik sebenarnya telah dimiliki oleh tiap individu sebelum lahir. Namun potensi tersebut masih harus terus dibina melalui proses sosial dan pendidikan sejak dini karena karakter adalah kualitas mental dan moral yang pembentukannya juga dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan.
Pendidikan merupakan salah satu alternatif yang dapat menunjang pembentukan karakter. Sekolah Dasar merupakan pendidikan formal awal yang dapat menanamkan karakter pada diri anak untuk perkembangan dirinya. Sudah tidak asing lagi bahwa saat ini banyak generasi Indonesia yang lupa sebagai bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam agama, budaya, suku, dan kultur sosial.
Pendidikan karakter di sekolah dasar mengacu pada sembilan pilar. Pilar yang pertama adalah karakter cinta kepada Tuhan dan segala ciptaan-Nya. Pilar kedua adalah kemandirian dan tanggungjawab. Pilar ketiga adalah kejujuran, Pilar keempat adalah hormat dan santun.Pilar kelima adalah saling tolong menolong, bekerjasama, dan dermawan. Pilar keenam adalah karakter pekerja keras dan percaya diri. Pilar ketujuh adalah keadilan dan kepemimpinan. Pilar kedelapan adalah rendah hati dan baik hati, sedangkan pilar yang kesembilan adalah karakter toleransi, kesatuan, dan kedamaian. Jika kesembilan pilar ini mampu terbentuk dengan baik di Sekolah Dasar, tentu masa depan bangsa ini masih bisa diselamatkan dan menjadikan bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang berkarakter.


Demikianlah Artikel Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

the life of the muslim world Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/pendidikan-karakter-di-sekolah-dasar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar"