Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan

Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan
judul artikel : Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan

lihat juga


Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan

Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan

Penulis: Paula
Temulawak atau Curcuma Xanthorrhiza Roxb termasuk dalam tumbuhan tahunan yang hidup berbatang semu dari gabungan beberapa pangkal daun dan hidup merumpun. Tanaman ini memang sudah lama digunakan sebagai bahan – bahan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tiap batang temulawak biasanya memiliki 2 sampai 9 daun, bunganya berwarna kuning tua atau putih, dan berukuran pendek.
Temulawak dapat berfungsi sebagai antisitokin. Jika seseorang terinfeksi oleh virus Flu Burung ( Avian Influenza) kadar sitokin di dalam tubuh orang tersebut akan meningkat. Kenaikan ini dapat membahayakan tubuh karena sitokin dapat merubah oksigen menjadi peroksida yang dapat meracuni sel – sel paru. Adanya antisitokin dalam temulawak, jumlah sitokin akan ditekan sehingga produksi peroksida pun juga berkurang dan sel – sel paru dapat dicegah.
Temulawak dapat berfungsi efektif untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit. Beberapa khasiat dari tanaman obat ini diantaranya adalah gangguan lever, meningkatkan produksi cairan empedu, mencegah hepatitis, mengatasi sembelit, mengatasi gangguan ginjal, mengatasi radang lambung, dan mengatasi radang kandung empedu. Selain itu, ternyata temulawak juga dapat menurunkan kolesterol tinggi, kurang darah, menyembuhkan malaria, demam, rematik, pegal linu, sakit pinggang, keputihan, ambeien, campak, dan melancarkan peredaran darah.
Untuk anak – anak, temulawak biasanya juga digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan batuk, dan asma.
Umbi temulawak sudah dikenal sejak lama sebagai jamu atau obat. Zat yang terkandung dalam temulawak mampu merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak empedu. Pencernaan makanan di dalam tubuh juga ikut menjadi lancar. Agar mendapatkan khasiat yang benar – benar mujarab dari temulawak, pilihlah umbi empunya bukan umbi akar.
Untuk mendapatkan khasiat dari temulawak, ambil umbi empu temulawak secukupnya. Kemudian, parut temulawak tersebut dan minum sarinya. Atau, iris – iris temulawak dan rebus dengan 3 gelas air. Tunggu sampai air hanya tersisa separuhnya. Setelah itu airnya dapat diminum. Jika anda tidak suka rasanya, bisa ditambahkan dengan madu atau gula untuk memberikan sedikit rasa manis. Saat meminum temulawak, tunggu sampai mengendap.


Demikianlah Artikel Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan

the life of the muslim world Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/temulawak-kaya-manfaat-kesehatan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Temulawak Kaya Manfaat Kesehatan"