Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat

Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat
judul artikel : Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat

lihat juga


Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat

Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat

Penulis: Paula
Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak terdapat di Indonesia karena tanaman obat ini dapat tumbuh subur di daerah tropis. Kunyit diperkirakan berasal dari India. Di Jawa, kunyit sudah lama digunakan sebagai salah satu bahan ramuan jamu karena khasiatnya yang membersihkan, mengeringkan, menyejukkan, menyembuhkan kesemutan dan menghilangkan gatal. Walaupun kunyit adalah tanaman obat, kunyit juga banyak digunakan sebagai tambahan bumbu masak dan sebagai pewarna alami yang mampu memberikan warna kuning.
Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, sejumlah manfaat kunyit sebagai tanaman obat semakin banyak ditemukan oleh para ahli kesehatan. Umbi kunyit memiliki beberapa kandungan zat kimia yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah kandungan kurkumin, minyak atsiri, karbohidrat, lemak, vitamin C, pati, dan garam - garam mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan kurkumin dari kunyit terdiri dari kurkuminm desmetoksikumin, dan bisdesmetoksikurkumin. Sementara itu kandungan minyak atsiri terdiri dari keton sesquiteroen, tumeon, turmeron, zingiberen, felandren, sineil, sabinen, dan borneon.
Kunyit memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Pertama, kunyit memiliki sifat sebagai antiseptik sehingga dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Selain itu mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat membantu mengurangi resiko terhadap tumor dan kanker pada tubuh karena kunyit membantu memerangi pertumbuhan sel - sel abnormal di dalam tubuh.
Kunyit juga memiliki kandungan antioksidan alami yang dapat membantu mengurangi radikal bebas, menjaga kesehatan kulit, dan meremajakan sel - sel tubuh. Kandungan antioksidan tersebyt juga mampu membantu menghilangkan racun dan bahan kimia negatif yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kunyit juga dapat membantu mencegah leukimia.
Bagi anda yang mengalami masalah dengan berat badan, kunyit juga dapat membantu menurunkan berat badan karena kunyit akan melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Untuk wanita, kunyit dapat melancarkan asi dan melancarkan haid.
Saat ini kunyit sudah banyak digunakan untuk minuman kunyit asam. Namun jika anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih dari kunyit, anda dapat memarut kunyit dan merebusnya. Kemudian, bagian yang diminum adalah air rebusannya saja. Untuk menghilangkan endapan, kunyit bisa disaring terlebih dahulu.


Demikianlah Artikel Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat

the life of the muslim world Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/kunyit-tanaman-obat-liar-yang-kaya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Kunyit, Tanaman Obat Liar Yang Kaya Manfaat"