Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda

Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda
judul artikel : Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda

lihat juga


Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda

Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda

Penulis: Paula
Sirih merah mungkin belum banyak diketahui sebagai tanaman obat karena tanaman ini lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias. Padahal, tanaman berdaun merah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berdasarkan beberapa penelitian, tanaman sirih merah mengandung zat – zat yang diperlukan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Namun, tanaman ini sebenarnya sejak dahulu telah diketahui memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, bagi beberapa masyarakat, sirih merah juga memiliki nilai spiritual yang tinggi karena dalam upacara adat ‘Ngadi Saliro’ sirih merah harus selalu disediakan dalam upacara ini. Air rebusan sirih yang memiliki kandungan antiseptik digunakan sebagai obat kumur untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Selain itu, air rebusannya juga dapat membantu mengatasi keputihan dan bau tidak sedap pada area kewanitaan.
Selama ini, pemnfaatan tanaman sirih merah masih hanya berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan secara turun termurun dari generasi – generasi sebelumnya. Di Yogyakarta, khususnya di Kraton Yogyakarta, tanaman ini sudah dikonsumsi sejak dulu untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Berdasarkan pengalaman dari penggunaan sirih merah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit ambeien,  sebagai obat kumur, dan mengatasi keputihan. Dalam daun sirih merah terdapat kandungan alkaloid yang berperan sebagai anti mikroba alami.
Selain memiliki sifat antiseptik, daun sirih merah sebenarnya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kronis seperti diabetes. Caranya adalah meminum air dari rebusan daun sirih merah secara teratur. Meminum air rebusan sirih secara teratur dapat membantu menurunkan dan menormalkan kadar gula darah. Selain diabetes, penyakit kanker yang notabene merupakan salah satu penyakit mematikan ini ternyata juga dapat disembuhkan dengan sirih merah. Caranya adalah menggunakan rebusan atau serbuk dari daun sirih merah. Selain kanker dan diabetes, beberapa pengalaman di masyarakat juga mengatakan bahwa sirih merah mampu menyembuhkan darah tinggi, maag, asam urat, kelelahan dan hepatitis. Dengan mengetahui manfaat dari sirih merah, tentu kini tanaman ini dapat lebih dimanfaatkan lagi untuk menyembuhkan dan mengatasi berbagai macam penyakit.


Demikianlah Artikel Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda

the life of the muslim world Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/sirih-merah-tanaman-cantik-yang.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sirih Merah, Tanaman Cantik Yang Bermanfaat Ganda"