Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat

Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat
judul artikel : Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat

lihat juga


Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat

Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat

Penulis: Paula
Sambiloto yang mempunyai nama ilmiah Andrographis paniculata merupakan salah satu jenis tanaman obat dari famili Acanthaceace yang berasal dari Sri Lanka dan India. Di Indonesia, tanaman ini juga banyak ditemukan di daerah datarang rendah maupun dataran tinggi. Tanaman sambiloto menyerupai tanaman semak sehingga seringkali dianggap sebagai rumput liar.
Daun sambiloto memiliki kandungan senyawa Andrographolide atau senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Tanaman obat ini sangat populer karena rasanya yang super pahit. Knadungan senyawa Andrographolide dalam daun sambiloto memiliki sifat heptoprotektif atau melindungi hat sehingga zat iini dapat bekerja secara efektif dalam melindungi hati dari dampak negatif parasetamol dan galaktosamin. Manfaat ini sangat berhubungan dengan beberapa enzim metabolik. Tanaman sambiloto sudah lama dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satu pengobatan India kuni, Ayurveda telah mencantumkan tanaman ini sebaga herba medis. Sambiloto dalam Ayurveda disebut dengan istilah Kalmegh. Selain dipercaya mampu melindungi hati, tanaman herbal ini juga dapat menekan sel kanker karena senyawa aktif dalam sambiloto yaitu Andrographolide dapat menurunkan ekspresi enzim cyclin dependent kinase 4.
Sambiloto memang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh, diantaranya adalah mampu menyembuhkan hepatitis, disentri basiler, diare, tifoid, infeksi saluran empedu, radang amandel, abses paru, radang oaru, influenza, radang saluran pernafasan atau bronchitis, radang telinga tengah, radang ginjal akut, sakit gigi, radang usus buntuk kencing nanah, malaria, skrofuloderma, TB paru, darah tinggi, keracunan, sesak napas, kusta, kanker, tumor paru, dan penyakit trofoblas.
Sebelum digunakan untuk menyembuhkan penyakit, daun sambiloto terlebih dahulu dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur. Setelah daunnya kering, daun tersebut bisa digiling atau langsung direbus. Air seduhan sambiloto tersebut dapat diminum 3 kali sehari. Atau serbuk halus daun sambiloto tersebut juga bisa dimasikkan ke dalam kapsul agar lebih praktis konsumsinya dan juga lebih awet.
Untuk mengobati penyakit kanker, seduhan sambiloto dapat diinjeksikan ke dalam tubuh atau digunakan sebagai cairan infus. Untuk pemakaian luar, daun sambiloto segar langsung direbus dan airnya dibalurkan di bagian tubuh yang sakit misalnya gatal – gatal atau bisul.


Demikianlah Artikel Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat

the life of the muslim world Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/sambiloto-tanaman-obat-pahit-dengan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sambiloto, Tanaman Obat Pahit Dengan Sejuta Manfaat"