Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah

Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah
judul artikel : Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah

lihat juga


Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah

Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah
Penulis: Paula


Guru – guru di Indonesia masih banyak yang bisa dikatakan belum menjadi guru yang profesional. Dalam kenyataanya, masih banyak guru yang mengajar murid – muridnya secara asal – asalan di sekolah. Tentu saja hal ini sangat memprihatinkan padahal guru adalah ujung tombak negara yang membantu menyiapkan generasi penerus bangsa di mas mendatang.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan guru – guru masih belum profesional menjalani profesinya. Pertama, saat ini masih banyak guru yang belum menyadari profesinya secara utuh sehingga menjalani tugasnya hanya setengah – setengah. Selain itu banyak guru yang bekerja di luar jam kerja guru di sekolah untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari karena gaji guru yang tidak memadai. Hal ini tentu membuat waktu guru untuk membaca dan belajar untuk meningkatkan diri tidak dapat diraih.
Faktor yang kedua adalah belum adanya standar yang tetap tentang profesional guru yang sama dengan tuntutan guru di negara maju sehingga di lapangan banyak guru yang tidak kompeten mengajar. Padahal kompetensi guru adalah hal yang penting untuk dicapai karena jika tanpa kompetensi yang memadai tentu tujuan pendidikan akan sulit tercapai. Guru – guru yang tidak profesional tersebut kemungkinan disebabkan karea ada perguruan – perguruan tinggi swasta yang mencetak lulusan keguruan yang asal jadi tanpa mempertimbangkan efeknya kelak di lapangan. Guru yang tidak profesional tersebut akhirnya seringkali kurang patuh.
Selain itu, banyak guru yang kurang termotivasi dalam meningkatkan kualitas mengajarnya karena sampai saat ini guru tidak dituntuk untuk melakukan penelitian seperti yang diberlakukan untuk dosen – dosen di perguruan tinggi sehingga bisa semakin profesional.
Selain faktor – faktor diatas, ada pula faktor – faktor lain yang menyebabkan rendahnya profesionalisme guru diantaranya adalah masih banyak guru – guru yang belum loyal dalam menggeluti profesinya. Faktor lainnya adalah rendahnya kepatuhan guru terhadap etika profesi dan norma dalam keguruan. Apalagi, pengakuan terhadap ilmu keguruan dan pendidikan yang masih setengah – setengah. Hal ini terbukti dari belum mantapnya kelembagaan pencetak tenaga kependidikan. Selain itu, masih banyak perbedaan pendapat tentang materi ajar yang diberikan untuk calon guru.


Demikianlah Artikel Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah

the life of the muslim world Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/mengapa-profesionalisme-guru-di.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mengapa Profesionalisme Guru di Indonesia Masih Rendah"