Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia

Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia
judul artikel : Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia

lihat juga


Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia

Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia
Penulis: Paula


Masih rendahnya profesionalisme guru di Indonesia tentu menjadi tugas yang sangat berat bagi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan profesionalisme tersebut. Kenyataannya, pada saat ini di lapangan masih banyak ditemukan guru – guru yang belum total dalam mengajar dan seringkali tidak memenuhi kode etik guru. Saat ini pemerintah sudah berusaha untuk meningkatkan profesionalisme guru di Indonesia diantaranya adalah meningkatkan persyaratan dan kualifikasi persyaratan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk guru mulai dari tingkat sekolah hingga tingkat perguruan tinggi.
Program penyetaraan DII bagi pengajar – pengajar di Sekolah Dasar, DIII untuk guru – guru SLTP, dan S1 untuk para pengajar SLTA. Bahkan, saat ini guru – guru di Sekolah Dasar harus melanjutkan pendidikan paling tidak sampai ke jenjang S1. Walaupun demikian upaya penyetaraan ini sebenarnya tidak akan bermakna banyak terutama jika guru tersebut kurang termotivasi untuk melakukan perubahan dalam pendidikan dan tidak menyadari betapa mulianya profesi sebagai guru.
Selain mengadakan penyetaraan guru – guru, hal lain yang dilakukan oleh pemerintah adalah mengadakan program sertifikasi guru. Program sertifikasi ini ditujukan untuk guru – guru mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga guru  SLTA. Program ini sudah berjalan sampai saat ini dengan beberapa kendala. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah tidak hanya sebatas sertifikasi saja, usaha lain yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas guru adalah mengadakan Pusat Kegiatan Guru (PKG) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) yang memungkinkan guru – guru untuk saling berbagai pengalaman dalam rangka memecahkan berbagai kendala yang dihadapi selama kegiatan mengajar di sekolah.
Pengembangan profesionalisme guru tentu harus dipandang sebagai proses yang berlangsung terus menerus. Pendidikan prajabatan, pembinaan dari organisasi profesi dan tempat kerja, sertifikasi, imbalan, dll menentukan pengembangan profesionalisme guru. Namun semua ini tentu akan sia – sia jika dari diri pribadi guru belum menyadari profesinya seutuhnya.
Dengan demikian maka upaya untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah tanggung jawab bersama antara instansi yang membina guru seperti yayasan swasta atau Depdiknas dan LPTK penghasil guru.


Demikianlah Artikel Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia

the life of the muslim world Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/cara-meningkatkan-profesionalisme-guru.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Meningkatkan Profesionalisme Guru di Indonesia"