Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya

Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya
judul artikel : Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya

lihat juga


Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya



Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya
Penulis: Paula
Riyal merupakan mata uang resmi yang berlaku negara Arab Saudi. Riyal memiliki kode ISO 4217 yang disimbolkan dengan SAR. Mata uang Kerajaan Arab Saudi ini juga sering disingkat dengan SR atau Saudi Riyal. Mata uang ini kemudian dibagi menjadi 100 Halala. Sementara itu Ghirs setara dengan 5 Halala.
Mata uang Riyal ini sudah digunakan sebagai mata uang di Arab Saudi sejak negara ini didirikan. Sebenarnya mata uang Riyal adalah mata uang Hejaz atau mata uang yang telah digunakan sebelum negara Arab Saudi terbentuk.
Uang Hejaz Riyal dibuat berdasarkan Ottoman 20 kurus koin, kemudian dibagi jadi 20 ghirsh. Penulisan latin menggunakan ghirsh daripada qirsh. Pada tahun 1960, sistem mata uang Riyal mengalami perubahan sistem yaitu 1 riyal sama dengan 20 girsh. Sistem ini kemudian diikuti pada tahun 1963 dengan munculnya pecahan halala. Halala senilai dengan satu per seratus riyal.
Sejak bulan Juni 1986, International Moneter Fund sudah menerapkan nilai tukar tetap untuk mata uang Riyal. Dalam kenyataannya, 1 US Dollar setara dengan 3,75 riyals, maka 1 riyal berarti setara dengan 0.266667 dollar. Adanya nilai tukar untuk Riyal terhadap dollar ini secara resmi digunakan sejak tanggal 1 Januari 2003.
Uang Riyal Arab Saudi terdiri dari pecahan koin dan kertas. Pada tahun 1925, pecahan mata uang ]untuk 0.5 ghirsh dan 0.25 girsh terbuat dari bahan tembaga yang diperkenalkan oleh Muhammad Ayaan Kadri di Mekah. Kemudian, jenis koin tersebut ditambah pada tahun 1926 dengan pecahan 1 ghirsh, 0.5 ghirsh, dan 0.25 ghirsh yang memperlihatkan gelar Raja Hejaz dan Sultan Najd.
Pada tahun 1927, mata uang 0.5 riyal, 0.25 riyal, dan 1 riyal dibuat dengan bahan perak sementara itu pecahan mata uang 1 ghirsh, 0.5 ghrish, dan 0.25 grish dibuat dengan bahan cupro-nikel. Pada tahun 1963, koin emas halala diperkenalkan. Pada tahun 1999, koin 1 riyal setara dengan 100 halala. Sampai saat ini Riyal masih digunakan sebagai mata uang resmi di Arab Saudi.


Demikianlah Artikel Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya

the life of the muslim world Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/mata-uang-riyal-arab-saudi-dan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mata Uang Riyal Arab Saudi dan Sejarahnya"