Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya

Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya
judul artikel : Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya

lihat juga


Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya



Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya

Penulis: Paula

Dong dalam bahasa Vietnam secara harafiah dapat diartikan sebagai perunggu atau tembaga. Istilah dong muncul dari kebiasaan sehari – hari masyarakat di Vietnam untuk membuat atau mencetak uang yang terbuat dari tembaga sebelum terjadinya penjajahan Prancis.
Saat Vietnam masih menjadi bagian dari indocina perancis, Frecnch Indoschinese piastre adalah mata uang yang berlaku disana. Dalam tulisan di mata uang Vietnam, istilah dong bisa diartikan sebagai perak. Setelah Prancis meninggalkan Vietnam, kemudian baik Vietnam maupun Vietnam Utara membuat dan mencetak uang versi masing – masing regional. Namun, nama yang digunakan untuk mata uang tersebut adalah Dong.
Vietnam Utara telah lebih dulu menggunakan mata uang Dong dibandingkan Vietnam Selatan. Mata uang Dong yang pertama kali diperkenalkan dan diedarkan kepada publik di Vietnam terjadi pada tahun 1946. Kemunculan mata uang Dong ini sekaligus menggantikan mata uang yang sebelumnya berlaku disana yaitu Piastre at par. Mata uang Dong di Vietnam Utara mengalami dua kali revaluasi yaitu pada tahun 1951 dan juga tahun 1958. Pada saat itu kurs yang berlaku adalah 100 : 1. Kemudian pada saat revaluasi mata uang yang kedua, kurs yang berlaku adalah 1000 : 1.
Sementara itu mata uang Dong yang diperkenalkan di Vietnam Selatan diedarkan pertama kali pada tahun 1952. Kehadiran mata uang ini juga turut menggantikan Piastre at par yang berlaku di Vietnam Selatan. Setelah jatuhnya Saigon, pada tanggal 2 September 1975, kurs mata yang dong untuk Vietnam Selatan menjadi leberation Dong. Krus ini mendapatkan patokan nilai 500 Vietnam Selatan Dong.
Kemudian, Vietnam Utara dan Vietnam selatan memutuskan untuk bersatu. Oleh sebab itu Dong Vietnam Utara dan Dong Vietnam Selatan juga mengalami penyatuan sejak tanggal 3 Mei 1978. Sejak saat itu Dong Vietnam Utara dapat ditukerkan dengan mata uang Dong baru yang nilai tukarnya 1 : 1. Sementara itu mata uang Vietnam Selatan dapat ditukarkan hanya 8 hao. Pada tanggal 4 September 1985, Vietnam melakukan revaluasi lagi untuk Dong yang baru sehingga nilai 10 dong lama setara dengan 1 Dong Baru.


Demikianlah Artikel Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya

the life of the muslim world Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/mata-uang-dong-vietnam-dan-sejarahnya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mata Uang Dong Vietnam dan Sejarahnya"