Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai

Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai
judul artikel : Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai

lihat juga


Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai

Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai
Jika dipikir – pikir, jumlah armada bawah laut milik Indonesia terlihat kurang memadai. Pada kenyataannya, saat ini TNI Angkatan Laut hanya memiliki 2 kapal selam gaek sedangkan wilayah yang harus dijaga juga sangat luas. Bisa dibayangkan bahwa luas wilayah Indonesia saja dua per tiga bagiannya adalah laut sehingga kapal selam dengan jumlah tersebut terlihat kurang memadai untuk melindungi wilayah NKRI yang mayoritas wilayahnya adalah lautan.
Hal tersebut tentu sangat kontras jika dibandingkan dengan jumlah pengadaan alitsista untuk matra udara, darat, dan permukaan laut. Pada kenyataannya alutsista untuk melindungi wilayah permukaan laut saja terus ditambah jumlahnya dengan 3 Nakhoda Ragam Class, 4 Korven Sogma, PKR Trimaran KRI Klewang, 1 PKR Sigma 10514, KCR-40, 4 Heavy Lnading Platform Dock, Ruda C-705, BMP-3, kapal – kapal patroli, dan pengadaan keperluan lain.
Pada matra udarara, ada beberapa penambahan yaitu termasuk 6 Sukhoi SU30MK2, 34 pesawat F16 Block 32++, 16 Super Tucano, 4 Hercules, Rudal Anti Udara, 9 C-295. CN 235, dll. Sedangkan untuk matra darat, penambahannya meliputi 50 IFV Marder, 100 MBT Leopard Revo, Meriam Caessar 155 mm, MLRS Astros II, Panser Anoa, Rantis Sherpa, Rudal Anti Udara, 12 Helikopter Fennec, dan lain sebagainya.
Dengan informasi ini, tentu terlihat bahwa perkembangan kekuatan bawah laut Indonesia terlihat kurang begitu diperhatikan karena hanya dijaga oleh dua kapal selam yang sudah tua. Hal tersebut tentu juga tidak masuk akal.
Sebenarnya Indonesia sudah merencanakan untuk melakukan pengadaan 3 buah kapal selam Changbogo yang diproduksi oleh Korea Selatan. Walaupun demikian, pengadaan kapal selam tersebut masih mengalami beberapa kendala, salah satunya adalah kendala terkait transfer teknologi karena Korea Selatan memasang tarif yang cukup tinggi untuk Transfer of Technology. Selain itu, Korea Selatan juga mengaku bahwa mereka tidak mungkin untuk memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Indonesia untuk melakukan tiga kapal selam Changbogo. Dengan adanya pemberitaan ini, maka proyek kapal selam ini pun masih belum jelas bagaimana kelanjutannya.


Demikianlah Artikel Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai

the life of the muslim world Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/jumlah-kapal-selam-indonesia-tidak.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Jumlah Kapal Selam Indonesia Tidak Memadai"