Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat

Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat
judul artikel : Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat

lihat juga


Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat

Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat

Penulis: Paula
Tapak Dara yang memiliki nama latin Catharantus roseus ini lebih banyak dikenal sebagai tanaman pagar atau tanaman hias karena bunganya yang indah dan berwarna – warni. Tanaman bunga tapak dara dapat dijumpai dengan mudah di daerah beriklim tropis. Di Indonesia, tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah, bahkan kadang banyak tanaman tapak dara liar yang tumbuh tidak terawat.
Tapak dara memiliki batang tanaman yang berbentuk bulat dan diameter yang kecil, berkayu, bercabang, beruas, dan berambut. Daunnya berwarna hijau, memiliki daun tunggal, dan berbentuk bulat telur.
Bunga tapak dara bentuknya hampir mirip terompet dan permukaannya juga berbulu halus sehingga bunganya sangat indah. Tanaman bunga tapak dara juga mempuntai rumah biji yang terdapat pada batang dan berbentuk silinder. Selain sebagai tnaman hias, tanaman ini ternyata juga memiliki manfaat yang penting dalam dunia medis diantaranya adalah digunakan untuk mengobati diabetes, darah tinggi, leukimia, demam, asma, bronchitis, kurang darah, gondong, disentri, radang perut, bisul, luka bakar, bengkak, dan menyembuhkan luka baru.
Tapak dara memiliki unsur – unsur kimia yang dapat berfungsi untuk pengobatan diantaranya adalah zat vinrosidin, vinvlastin, vinleurosin, dan vinkristin.
Untuk mengobati penyakit diabetes mellitus atau kencing manis, caranya rebus 15 lembar daun tapak dara dengan tiga gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Tunggu sampai dingin dan diminum. Hal ini dapat dilakukan secara teratur setiap hari sampai sembuh.
Untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, caranya rebus 20 gram daun tapak dara yang sudah kering dan 10 gram bunga krisan. Tambah dengan 2.5 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan disaring. Air rebusan ini sebaiknya diminum setiap sore atau sebelum tidur secara teratur.
Untuk menyembuhkan asma, caranya rebus 1 potong bonggol akar dari tanaman tapak dara dan 5 gelas air. Setelah itu, minum air rebusannya dua kali sehari setiap pagi dan sore.
Secara umum, untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan tapak dara adalah dengan merebus daunnya dan meminumnya secara teratur.


Demikianlah Artikel Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat

the life of the muslim world Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/bunga-tapak-dara-tanaman-obat-cantik.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Bunga Tapak Dara, Tanaman Obat Cantik dan Bermanfaat"