Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda

Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda , saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda
judul artikel : Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda

lihat juga


Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda

Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda  


oleh AGUS MULYANA Siswa SMP di Kabupaten Purwakarta, antusias menonton sekaligus mengapresiasi pergelaran drama Sunda yang berlangsung selama dua hari (4-5 Des. 2018) di Sportcentre, jalan Purnawarman, Purwakarta. Drama Sunda dikemas dalam 3 jenis tampilan, yakni Longser, Monolog, dan Gending Karesmen. Longser bertajuk "Ronda Millenial" sangat menghibur siswa dengan guyonan khas Sunda. Monolog "Bentang Idola" menampilkan penyair Rin Chandraresmi, dan Gending Karesmen "Si Ujang jeung Doraemon" tampil atraktif menyuguhkan cerita kucing jepang (Doraemon) berkolaborasi dengan Nini Anteh dari Sunda. Tujuan dari pergelaran drama Sunda ini, menurut Ketua Panitia, Achmad Sopian Effendi adalah untuk mengenalkan kembali seni tradisi khas Sunda yang keberadaannya sekarang semakin tersudutkan oleh budaya asing. Bahkan, untuk tujuan edukasi seni tradisi dengan menampilkan pergelaran ini pun hambatannya sangat besar. Banyak pihak yang lebih menyoroti biaya pengganti produksi ketimbang essensi pertunjukannya. Hal ini sangat disayangkan, terlebih datangnya dari orang Sunda yang hilang kepedulian dengan khasanah kekayaan budaya Sunda itu sendiri. Seperti diketahui, pergelaran gending karesmen dan longser saat ini sangat jarang dipentaskan. Generasi muda Sunda sudah asing dengan segala hal kesundaannya. 

Mereka sepertinya terbius dengan budaya barat dan budaya Korea dengan K-Pop, tik-tok, dan sejenisnya. Dengan adanya pergelaran ini, diharapkan para siswa sebagai generasi penerus budaya Sunda mampu menghargai banda miliknya, memahami karakter dan nilai luhur budi pekerti yang cageur, bageur, bener, pinter, singer, dan menjadi insan yang masagi di kemudian hari.
Berlanggan Artikel Kami ??

Silahkan Masukan Emil Anda:


Delivered by FeedBurner


Demikianlah Artikel Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda

the life of the muslim world Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda dan artikel ini url permalinknya adalah http://jumro.blogspot.com/2018/12/ribuan-siswa-smp-di-purwakarta-antusias.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Ribuan Siswa SMP di Purwakarta, Antusias Mengapresiasi Drama Sunda "