Solusi Peternakan dan Pertanian

Solusi Peternakan dan Pertanian - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Solusi Peternakan dan Pertanian, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Solusi Peternakan dan Pertanian
judul artikel : Solusi Peternakan dan Pertanian

lihat juga


Solusi Peternakan dan Pertanian

Dari pengamatan kami, memasuki tahun 2013 hingga saat ini kami melihat adanya  "kepanikan" dalam hubungannya dengan dunia pertanian.  Petani panik karena tanamannya banyak yang gagal panen , konsumen  juga panik karena harga hasil produk pertanian yang melambung tinggi demikian juga dengan pemerintah mengalami hal yang sama.  Sampai -sampai  Presiden , kemarin tanggal 19 Peb 13, meminta para menteri dan gubernur untuk mewaspadai, mengendalikan, dan melakukan stabilisasi harga sejumlah sembako yang mengalami kenaikan yang kurang wajar.  Presiden , memerintahkan Menteri Perdagangan  untuk terus mengecek pergerakan harga  KOMODITAS PERTANIAN  dan mengendalikan jika ada hal yang tidak wajar dengan mengajak para gubernur . Solusi Pertanian dan Peternakan

Gambar 1.(Kondisi tanaman yang terserang virus kuning,tetapi dengan KETENANGAN dan tidak panik, kami mencoba untuk melakukan pembenahan. Pengambilan gambar dilakukan pada tanggal 24 Januari 13.)

 Sudah menjadi hukum pasar ,  bahwa kenaikan harga  beberapa komoditas pertanian  yang terjadi seperti saat ini adalah  sebagai dampak dari ketidakseimbangan antara kuota produksi dan tingginya permintaan masyarakat terhadap  komoditas tersebut. Harga beberapa  komoditas pertanian di dalam negeri dari tahun ke tahun kenyataannya terus mengalami kenaikan. Kenaikan harga tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya sangat berhubungan erat dengan kenaikan permintaan, jumlah pasokan yang berkurang, serta impor dan harga  yang berlaku di pasar internasional. Kenaikan pemintaan komoditas  menjadi naik, apalagi jika tidak diimbangi dengan pasokan yang cukup maka lonjakan kenaikan harga akan semakin meningkat tajam.  Apabila hal ini terjadi, maka makin berpotensi menambah kepanikan di semua lini.

Gambar 2.( Gambar diambil 3 minggu kemudian,ternyata tanaman tetap bisa berbunga dan berbuah,walaupun memang tidak 100% setidaknya,kondisi tanaman yang sudah terserang Virus dapat berprodiksi kembali.  Gambar diambil pada tanggal 19 Peb 13.  Bisa diperhatikan sampel tanaman tidak berubah, dicirikan dengan DAUN SOBEK di seblah kiri gambar.)

Agar kepanikan tidak berkelanjutan, hal itu tentunya sangat memerlukan komitmen tinggi dari pengambil kebijakan dan hasil kebijakan tersebut hendaknya dapat lebih komprehensif, baik mempertimbangkan sisi nilai produksi maupun jumlah konsumsinya. Dibarengi dengan upaya menekan biaya produksi agar terjadi efisiensi serta menciptakan kepastian harga dengan menjaga stabilitas harga di tingkat pasar konsumen, agar tidak terjadi gejolak ataupun fluktuasi kenaikan harga yang pada akhirnya memberatkan masyarakat. Memang hal tersebut tidak bisa hanya dengan kebijakan kulit sisi hilir, tetapi harus dapat menyentuh pada akar masalahnya dengan memetakan secara lebih terperinci baik data-data dan perhitungan yang tepat dan cermat mengenai jumlah produksi dan tingkat konsumsi masyarakat di wilayah tertentu di Indonesia sehingga dapat menjadi pedoman untuk mengambil kebijakan antisipatif baik saat ini maupun ke depan dalam mengatasi dan menjaga stabilitas gejolak tingkat harga komoditas produk- produk pertanian . ( kata-katanya agak puyeng…ya…Kalau ahli ekonomi pertanian bilangnya begini…)

Gambar 3.( Bapak Ena,sedang membuangi buah-buah yang terserang busuk buah, baik akibat patek, lalat buah maupun karena curah hujan yang terlalu tinggi,akhir-akhir ini.  Serangan tidak membuat mitra kami ini "bermuram durja", raut wajahnya tetap "sumringah" dan yang terpenting lagi ,jaga kestabilan emosi  agar tetap TIDAK PANIK.)



Demikianlah Artikel Solusi Peternakan dan Pertanian

the life of the muslim world Solusi Peternakan dan Pertanian, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Solusi Peternakan dan Pertanian dan artikel ini url permalinknya adalah http://jumro.blogspot.com/2013/02/solusi-peternakan-dan-pertanian.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

1 Response to "Solusi Peternakan dan Pertanian"

Unknown said...

BIOLIQ- PERGI KAU BAU, NYAMAN HIDUPKU.
kadang-kadang tempat sampah di rumah, kandang binatang kesayangan, saluran air juga mengeluarkan bau yang menyengat nih. Gimana nanti kalau ada tamu dalam keadaan rumah bau ? JANGAN SAMPAIII. :D Tapi, untuk ibu-ibu maupun bapak-bapak serta kakak-kakak yang memiliki permasalahan dengan bau sampah ataupun bau kandang yang menyengat di rumah kini tidak perlu khawatir lagi. telah hadir BIOLIQ sebagai solusinya. BIOLIQ desinfektan yang diformulasikan khusus menangani masalah bau pada kotoran yang menumpuk di sampah dan saluran pembuangan air. desinfektan serbaguna ini tidak hanya sebagai penghilang bau tapi juga desinfektan yang mampu membersihkan area yang dikehendaki. aman untuk lingkungan dan mahluk hidup karena berbahan dasar antiseptik alami. Bagi bapak,ibu dan kakak-kakak yang berminat dapat memesannya melalui WHATSHAPP 085736963735.