Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka

Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka
judul artikel : Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka

lihat juga


Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka

Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwani Majalengka

Disusun oleh Ki Daspan Bin Darsim . tahun 2006 KKN Sastra Sunda Unpad

1. Kronologis Desa Jatiwangi

ada suatu kerajaan yang dirajai oleh Arya Jiteng Jatisawara yang mempunyai istri Dewi Basrini yaitu salah satu keturunan Tegal Jambu yang mempunyai dua orang anak yaitu yang bernama Anggana Suta Alias Pangeran Raga Panambang dan yang kedua bernama Raden Solihin

- patih pertama bernama Buyut Dopang Kalangenan yang disbeut Buyut Ranjeng
- patih kedua bernama Arya Pakalipan yang disebut Buyut Ranto
- patih ketiga bernama Ki Nata Wangsa yang disebut buyut nambang
- patih ke empat bernama Anggarata yang disebut buyut lurah
- patih kelima bernama Nyimas Ratu Nawang Litan yang disebut buyut Kopo

Diketahui oleh mbah buyut lontang jaya yang pada waktu itu negara wanayasa cukup makmur gemah ripah lohjinawi tidak kurang sandang papan yaitu terletak di sebelah utara wilayah Sindangkasih. ada orang wanayasa yang bernama raden candi maya yang ikut dengan orang islam yang ada di sindangkasih. candi maya bersatu dengan pangeran muhammad bupati sindangkasih yang merupakan pemeluk Islam yang dipimpin oleh :

1. panembahan wirabama
2. ki ageng baduri yang dilahirkan di bawah pohon badori
3. patih wirajaya
4. ki ageng lawi
5. ki ageng betok

patih wirajaya sebagai panglima perang sindangkasih yang akhirnya candi maya menyerah bersatu dengan orang sindangkasih untuk menghancurkan orang wanayasa di sindangkasih. akhirnya wanayasa takluk kepada sindangkasih. raja arya jiteng hilang dengan membawa gada pusaka milik wanayasa yang bernama Gada Pusaka Wit Kulit Pangpangdahan Godong Daun Na Wangi Wulung Ka Wentar Kajana Pria.
gada ini hilang di alas sindangkasih di bawah pohon maja dan akhirnya diketemukan oleh rangganata gelar bagusmanik cerita bantarjati kelima gugurnya bagus rangin menyerahnya bupati sumedang ke bagusmanuk perang ini di tanah monjot dengan menunggangi jalan bujang sanggara.
Berlanggan Artikel Kami ??

Silahkan Masukan Emil Anda:


Delivered by FeedBurner
islamic boarding school in usa, islamic boarding school in new york, islamic boarding school terbaik, international islamic boarding school biaya, islamic boarding school in chicago, international islamic boarding school kuningan, islamic boarding school in new jersey, islamic boarding school in texas


Demikianlah Artikel Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka

the life of the muslim world Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2018/08/sejarah-terbentuknya-desa-jatiwangi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Terbentuknya Desa Jatiwangi Majalengka"