Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia

Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia
judul artikel : Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia

lihat juga


Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia

Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia
Penulis: Paula
Polri merupakan organisasi yang bertugas menegakkan hukum di dalam negeri. Organisasi ini langsung berada di bawah Presiden RI. Masyarakat sendiri tentu sudah lama mengenal brimob, intel, reserse, dll. Namun, jika mendengar istilah Airud, tentu istilah ini terdengar asing. Padahal Airud merupakan salah satu unsur dari Kepolisian Indonesia. Hal ini wajar jika masyarakat kurang familiar dengan Airud karena tugas mereka berbeda dari polisi – polisi pada umumnya atau berhadapan langsung dengan masyarakat. Airud merupakan singkatan dari Air dan Udara.
Pada tahun 1951, Indonesia mulai membentuk kepolisan udara dan kepolisian perairan. Kehadiran kepolisian udara bermula dari penetapan Polisi Perairan sebagai salah satu bagian dari Jawatan Polri. Untuk menunjang terlaksananya tugas – tugas kepolisian dengan alat – alat kelengkapan udara, Menteri Indonesia akhirnya memutuskan untuk membentuk Seksi Udara pada tanggal 5 Desember 1956. Pada awalnya, keberadaan polisi udara masuk dalam Jawatan Polisi Perairan dan Udara. Penyempurnaan organisasi di dalam tubuh Polri termasuk polisi udara juga terus dilakukan dalam rangka memaksimalkan pelaksanagan tugas – tugas kepolisian. Akhirnya pada tahun 2002, organisasi kepolisian udara mendapat tempat tersendiri dalam Direktorat Polisi Udara Republik Indonesia dan berpisah dengan Polisi Perairan.
Polisi Udara merupakan pecahan dari Airud (Polisi Perairan dan Udara). Dalam bertugas sehari – harinya, Polisi Udara melakukan patroli di kawasan udara, sebagai search and rescure, mengejar pelaku tindak pidana dengan mobilitas yang tinggi, sebagai alat angkut pasukan dan VIP, dll.
Sarana dan prasarana serta alat utama pendukung Polisi Udara sudah tergolong cukup banyak yang terdiri dari pesawat terbang, helikopter, wall climbing, dan tower rapling, dll.
Markas Besar Kepolisian Udara RI berada di lapangan terbang Pondok Cabe, Tangerang, Banten. Markas besar tersebut bersebelahan langsung dengan hanggar Pelita Air Service. Selain memiliki hanggar di pondok cabe, Polisi Udara Indonesia ternyata juga menyebar beberapa armadanya ke daerah – daerah seperti di Polda – Polda. Hal ini bertujuan untuk membantu menjalankan tugas – tugas kepolisian di daerah tersebut sesuai dengan kebutuhannya.


Demikianlah Artikel Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia

the life of the muslim world Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2015/10/mengenal-polisi-udara-republik-indonesia.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Polisi Udara Republik Indonesia"