Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura

Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura
judul artikel : Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura

lihat juga


Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura

Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura
Penulis: Paula
Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia yang beradad di timur laut Jawa Timur. Jika menyebut nama pulau Madura, tentu orang – orang akan langsung teringat tentang karapan sapi yang merupakan budaya khas dari pulau ini. Karapan sapi adalah lomba pacuan sapi dimana pada ajang tersebut ada sepasang sapi yang berpacu di lintasan tanah dan menarik kereta dari kayu dimana joki mengendalikan pasangan sapi tersebut. Karapan sapi ini merupakan lomba adu cepat sapi untuk melawan pasangan - pasangan sapi lainnya.
Biasanya, lintasan pacuan panjangnya sekitar 100 meter. Lomba pacuan ini juga berlangsung cukup singkat yaitu sekitar 10 sampai 20 detik. Bagi penduduk asli madura, adanya karapan sapi ini seolah telah menjadi sebuah ajang yang bergengsi, khususnya untuk para pemiliki sapi karapan. Pemilik sapi yang sapinya memenangkan karapan akan semakin terangkat kelas sosialnya sehingga tidak mengherankan jika harga satu ekor sapi yang pernah memenangkan lomba karapan sapi akan ditawarkan dengan harga puluhan kali lipat dari harga normal dan bahkan dapat mencapai angka ratusan juta rupiah. Tentu saja ini merupakan angka yang sangat fantastis untuk harga seekor sapi.
Walaupun demikian, harga tersebut terasa cukup imbang karena perawatan sapi karapan juga ekstra lebih mahal jika dibandingkan dengan perawatan sapi peliharaan pada umumnya. Selain itu kandangnya juga harus super bersih dan khusus, meminum ramuan obat khusus, dan mengkonsumsi puluhan butir telur untuk konsumsi sehari – hari sehingga makanannya tentu tidak hanya rumput saja.
Kejuaraan karapan sapi biasanya dimulai dari tingkat yang paling rendah dulu yaitu di tingkat kecamatan dan akan berlanjut hingga tingkat Karesidenan.  Lomba karapan sapi ini biasa diadakan di bulan Agustus dan September di beberapa wilayah Madura.
Tradisi karapan sapi ini telah menjadi hiburan rakyat yang rutin setiap tahunnya sehingga banyak sekali warga sekitar yang datang berbondong – bondong untuk menyaksikan adu karapan sapi ini. Selain masyarakat lokal, banyak juga wisatawan – wisatawan yang sengaja berkunjung untuk menyaksikan tradisi di Madura ini.


Demikianlah Artikel Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura

the life of the muslim world Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura dan artikel ini url permalinknya adalah https://jumro.blogspot.com/2013/03/karapan-sapi-hiburan-rakyat-madura.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Karapan Sapi Hiburan Rakyat Madura"