Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal

Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal
judul artikel : Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal

lihat juga


Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal

3.2.1.1.3 Simulfiksasi
Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal dan akhir kata. Contoh:

PREFIKS
SUFIKS
KATA
SIMULFIKSASI
di-
-keun
alung
Dialungkeun’dilemparkan’
Ka-
-an
sehat
Kasehatan’kesehatan’
di-
-an
uyah
Diuyahan’diberi garam’
Pang-
-an
béas
Pangbéasan’tempt beras’
3.2.1.1.4 Infiksasi
Infiksasi ialah penambahan afiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan ditengan kata, biasanya setelah fonem konsonan pertama. Contoh:

INFIKS
KATA
INFIKSASI
-ar-
ginding
Garinding’pada cakap’
-um-
gantung
Gumantung’tergantung’
-in-
pasti
Pinasti’pasti’

3.2.3 Pengulangan Kata
3.2.3.1 pengertian Kata Ulang
Kata ulang adalah kata yang diulang, baik sebagian maupun seluruhnya. Bahasa Sunda memiliki pengulangan dua kali dan pengulangan tiga kali. Pengulangan ada yang didalam bahasa Sunda dikatakan sebagai dwilinga (seluruh bentuk dasar diulang), dwipurwa (sebagian bentuk dasar diulang), trilingga /trireka (bentuk dasar diulang dengan perubahan bunyi), dan pengulangan semu (bentuk ulang semu). Contoh bentuk kata ulang dwimurni, yaitu budak-budak’anak-anak’. Contoh dwipurwa, yaitu tutuncalan’terpotong-potong’. Contoh trilingga, yaitu blag-blig-blug’KA suara benda bejatuhan’. Dan contoh pengulangan semu, yaitu kukupu’kupu-kupu’.


Demikianlah Artikel Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal

the life of the muslim world Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal dan artikel ini url permalinknya adalah http://jumro.blogspot.com/2010/09/simulfiksasi-ialah-penambahan-prefiks.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Simulfiksasi ialah penambahan prefiks dan sufiks, yaitu afiksasi yang ditambahkan pada awal"