Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya

Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya
judul artikel : Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya

lihat juga


Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya



Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya
Penulis: Paula
Rupee merupakan mata uang resmi di India. Saat ini Rupee tidak hanya sebatas mata uang saja tetapi juga telah menjadi simbol dari negara India. India merupakan salah satu negara yang berusaha untuk menjadi negara adidaya potensial.
Rupee India disimbolkan dengan Rs. Rupee India ini memiliki latar belakang tradisional dan proses yang cukup panjang untuk menjadi mata uang resmi yang diakuki di dunia. Rupee berasal dari bahasa Sansekerta diambil dari kata Rupaya yang berarti perak. Dulu, Rupee adalah koin perak yang digunakan oleh masyarakat India lama.
Namun, pada abad ke-19, di AS dan Eropa ditemukan perak dalam jumlah yang besar. Hal ini tentu membuat dampak negatif terhadap nilai logam putih tersebut. Bahan emas yang memiliki nilai lebih tinggi dari perak juga menurunkan nilai Rupee.
Sekitar tahun 1860an, pemerintah Inggris memperkenalkan mata uang kertas pertama di India. Uang kertas tersebut datang dengan gambar Raja. Walaupun sudah ada uang kertas, koin perak rupee masih terus digunakan sebagai mata uang saat itu.
Setelah India menjadi negara yang merdeka pada tahun 1947, hal ini memunculkan perubahan baru pada desain uang kertas dan koin perak yang memunculkan potret Mahatma Gandhi dan Asoka Singa Modal. Uang baru ini kemudian diperkenalkan pada penduduk asli. Uang – uang kertas tersebut dicetak oleh Reserve Bank of India.
Nilai Rupee mengalami penurunan setelah India menghadapi krisis ekonomi. Pada tahun 1966, adanya pengaruh inflasi menyebabkan penurunan nilai mata uang di India. Pada tahun 1991, nilai rupee mengalami penurunan pada tingkat yang paling rendah.
Awal abad ke-20 merupakan angin segar bagi mata uang rupee untuk meningkatkan kembali nilainya hingga akhirnya pada bulan Juni 2008, mata uang Rupee mengalami peningkatan kembali. Pada tahun 2009 Rupee berhasil menstabilkan posisinya karena pengaruh RBI yang membantu mengurangi volatilitas pasar saham di India. Kemampuan India untuk mengatasi masa – masa perekonomian yang sulit dengan mata uang Rupee tentu membuat mata uang ini tidak dipandang sebelah mata oleh negara – negara lain.


Demikianlah Artikel Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya

the life of the muslim world Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya dan artikel ini url permalinknya adalah http://jumro.blogspot.com/2013/03/mata-uang-rupee-di-india-dan-sejarahnya.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Mata Uang Rupee di India dan Sejarahnya"