pendahuluan 4

pendahuluan 4 - Hallo sahabat the life of the muslim world, pada kesempatan kali ini, kami akan bebragi ilmu tetang islam yang berjudul pendahuluan 4, saya telah menyediakan semaksimal mungkin, artikel ini sehingga bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian, maka dari itu jangan sungkan untuk komentar dan membagikan tulisa ini kempada yang lainnya.

Penulis : pendahuluan 4
judul artikel : pendahuluan 4

lihat juga


pendahuluan 4


BAB I

PENDAHULUAN


1. LATAR BELAKANG
Seiring waktu, kebudayaan serta ciri khas Sunda yang dimiliki menjadi berkurang baik itu kesenian, tata kehidupan dan yang lainnya. Maka dari itu penulis akan sedikit menguak kekhasan daerah Sunda yang bertitik tolak kepada beberapa tumbuhan yang dikenal oleh orang Sunda pada khususnya serta masyarakat Jawa Barat umumnya.
2. MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk mengetahui beberapa tumbuhan yang berkembang serta mengetahui kegunaan tubuhan tersebut dalam kehidupan masyarakat Sunda, melestarikan tumbuhan khas Sunda melalui penguraian nama-nama yang telah didata sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah difahami. Memenuhi tugas mata kuliah Etnografi yang disuguhkan oleh dosen yang bersangkutan. 
3. IDENTIFIKASI
Tumbuhan khas Sunda, sudah banyak dikenal oleh masyarakat sejak dahulu, tentunya dengan nama yang bermacam-macam berdasarkan pada tempat dimana ditemukan tumbuhan tersebut, kebetulan pada kesempatan kali ini penulis mengambil data dari daerah Purwakarta. Nama dan jenis tumbuhan akan diuraikan berdasarkan kegunaan, tempat tumbuh dan ciri khas yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut.











BAB II

NAMA-NAMA TUMBUHAN

KHAS SUNDA

1.      Antanan adalah tumbuhan yang merambat dan biasanya suka digunakan untuk lalab (makanan penyerta sambal), tumbuhan ini biasanya tumbuh di daerah pesawahan dan tumbuh dengan sendirinya tanpa harus ditanam terlebih dahulu, bentuk daunnya kecil-kecil hampir menyerupai kangkung.
2.      Asem adalah tumbuhan yang rasanya sesuai dengan namanya yaitu asem, tumbuhan ini memiliki dua jenis, yaitu asam dengan pohon yang sangat bersar dan tingginya bisa mencapai belasan meter, serta asam yang pohonya hanya berupa ranting dan tinggi maksimal hanay mencapai satu meter. Buah asem (asam) ini banyak digunankan sebagai bumbu dapur, kosmetik serta untuk menghilangkan bau badan.
3.      Bakung adalah tumbuhan yang bentuknya seperti bawang dan suka dibuat bumbu masak, bentuknya sejenis umbi-umbian, dahulu terkadang suka digunakan untuk lem pada pembuatan layangan, daun menyerupai daun pandan dan tumbuh di daerah yang lembab serta tumbuh dengan sendirinya, tapi sekarang bakung sudah dibudidayakan.
4.      Balakacida, tumbuhan ini dinamakan balakacida karena bentuknya seperti semak belukar, tumbuhan ini sering digunakan untuk mengobati luka misalnya tersayat, dengan tumbuhan ini , luka akan cepat kering, bentuk tumbuhan ini menyerupai pohon kesejahteraan (gugnungan) pada wayang dengan sisi daunnya bergerigi, daerah tumbuh biasanya di semak-semak, bersatu dengan belukar.
5.      Baluntas adalah tumbuhan yang suka digunakan kuntuk pagar hidup, menyerupai bidara dan memiliki khasiat yaitu untuk menghilangkan bau badan dengan cara merendam daunnya dengan air panas, setelah dingin lalu diminum, serta untuk obat telat bulan.
6.      Bangkuang adalah tumbuhan yang menyerupai umbi dengan isinya yang putih, tumbuh di daerah lembab dengan sendirinya, sekarang digunaksn untuk kosmetik pemutih kulit wajah, dahulu digunakan untuk rujak.
7.      Bencoy adalah tumbuhan buah sejenis ménténg dengan isinya yang merah serta rasanta asem, bentuk pisik seperti kelereng.
8.      Bonteng adalah tumbuhan merambat dengan buah yang panjang sejenis semangka, digunakan untuk lalab dan sayur dan juga untuk kosmetik penyegar kulit.
9.      Buncis adalah tumbuhan buah sejenis kacang-kacangan serupa kapri dengan pohon merambat biasanya digunakan untuk sayur.
10.  Calingcing adalah tumbuah buah yang rasanya sangat asam, dengan berbuah seperti anggur yang bentuk pohonnya besar, berbuah mulai dari batang bawah pohon, digunakan untuk bumbu masak pengganti asem. Sekarang sudah dipoduksi mejadi manisan.
11.  Cangkudu (mengkudu) adalah tumbuhan yang bentuknya besar sebesar kepalan tangan dengan buah yang seperti memiliki sisik kuncup daun dan mengkudunya enak dimakan setelah dikukus. Baru-baru ini mengkudu sangat menggemparkan yaitu dianggap sebagai buah yang serbaguna karena biisa menyembuhkan berbagai penyakit, dan sekarang sudah diproduksi oleh apotek dalam bentuk kapsul dengan harga yang relatif mahal.
12.  Cariu adalah tumbuahan buah yang menyerupai jengkol, dengan bentuk gepeng dan biasanya dimakan oleh wanita yang baru melahirkan dengan rasa yang pahit kesat, bentuknya sangat kecil seperti peremen.
13.  Cécéndét adalah tumbuahan buah yang bentuk buahnya seperti kelereng kecil dan manis, serta akar dari opohonnya sangat baik untuk sakit pinggang, dengan cara merebus akar lalu diminum airnya.
14.  Dadap adalah berupa pohon yang suka dipakai untuk berteduh tpohon the.
15.  Écéng gondok adalah tumbuahan yang tumbuh di air atau kolam yang berguna untuk tempat berteduh ikan dengan batang yang menggembung seperti balon.
16.  Émés adalah tumbuhan yang merambat dengan bentuk seperti segilima panjang suka diguinakan untuk sayur dan sangat baik untuk pencernaan karena mengandung serat. Tumbuh di daerah sedang.
17.  Engkol adalah tumbuhan daun yang digunakan untuk sayur, tumbuh di daerah dingin seperti Lembang.
18.  Gadung adalah tumbuhan umbi-umbian seperti talas tetapi tumbuhnya merambat, umbinya beracun apabila langsung dimakan, bisa dimakan kalau sudah direndam disungai yang airnya mengalir selama 6 bulan lalu dibuat makanan seperti keripik.
19.  Ganyong adalah tumbuhan yanng betuknya hampir menyerupai talas tetapi perbedaannya bentuk umbinya bulat sekarang ini banyak dibuat makanan seperti keripik.
20.  Golodog panto adalah tumbuhan buah mundu dengan pohon yang tinggi dan dapat dimakan namun rasanya tidak begitu enak.
21.  Gunda adalah tumbuhan yang tumbuh di daerah pesawahan yang tumbuh dengan sendirinya dengan bentuk tangkai seperti pohon pepaya, daunnya seperti daun hiris dengan buah menyerupai mengkudu atau cangkudu.
22.  Hangasa adalah tumbuhan yang menerupai honjé dengan buah berbentuk tunas dibawah pohon mendekati tanah rasanya masam.
23.  Hanjuang tumbuhan yang daunnya menyerupai pandan namun agak besar dan lebar dengan warna agak kemerah-merahan digunakanuntuk membungkus kacang.
24.  Haréndong dapat dibagi dua yaitu haréndong gedé dan haréndong leutik, bentuknya menerupai terong yang rasanya manis biasanya banyak ditemui di daerah lembab.
25.  Hiris adalah tumbuhan kacang-kacangan yang pohonnya bisa melebihi 2 meter suka dipakai untuk karedok atau disebut juga ketoprak.
26.  Jaat tumbuhan yang merambat menyerupai kacang panjang tetapi bentuknya seperti belimbinng dan biasanya pada masyarakat digunakan untuk lalap yang rasanya enak.
27.  Jambe adalah tumbuhan sebangsa palem yang buahnya dipakai untuk melambar ( nyeupah ) dan biasanya batang pohon jambe dipakai untuk rebutan atau panjat pinang dalam acara memeriahkan hari besar kemerdekaan.
28.  Jamlang tumbuhan yang buahnya bulat yang rasanya manis campur kesat dan bila matang warnanya menjadi merah hitam biasanya digunakan untuk bumbu sambal.
29.  Jarak adalah tumbuhan yang menyeripai kaliki daunnya biasa digunakan untuk pematangan buah yang biasanya dikubur atau dalam bahasa sundanya di empos.
30.  Jawér kotok adalah tumbuhan yang rumpun dan warna daunnya berwarna merah tua yang biasa pada masyarakat Sunda dipakai sebagai obat, bentuk daun jaun jawér kotok seperti jawér ayam.
31.  Jéngkol adalah tumbuhan yang biasanya dipakai sebagai lauk untuk makan pada masyarakat Sunda dan didalamnya mengandung racun yang bisa mengakibatkan sakit buang air kecil ( jéngkoleun ).
32.  Jonghé adalah tumbuhan yang biasa ditemukan di pematang sawah dan tumbuh sendiri biasa dipakai lalap.
33.  Kahitutan adalah tumbuhan yang bila daunnya di hancurkan bisa menimbulkan bau seperti bau kentut.
34.  Kanyéré adalah tumbuhan yang buahnya ada dibawah gagang daun bentuknya bulat sebesar buah centé yang biasa dipakai anak-anak sebagai peluru.
35.  Karuk adalah kembang buah jambu batu.
36.  Kaso adalah tumbuhan yang menyerupai rumput tapi sangat tinggi menyerupai trubus dan kembangnya menyerupai tebu.
37.  Kawung adalah pohon aren yang banyak sekali kegunaannya, bentuknya berupa palm, hasil dari pohon kawung adalah gula kawung, ijuk, daun dan buah kulang-kaling, abui batang kawung dapat dijadikan untuk kosmetik, yaitu untuk memutihkan kulit.
38.  Kayu manis adalah  tumbuhan yang mengandung sari manis sepereti saga, akarnya biasa dipakai untuk obat sariawan.
39.  Kelewek adalah biji picung yang berupa tumbuhan yang memiliki biji mengandung racun, tetapi jika sudah diproses bisa untuk dimakan, dipakai sebagai lauk.
40.  Kelewih adalah tangkal yang memiliki buah seperti sukun tetapi kelewih memiliki sisik, kelewih yang masih muda biasanya dipakai lalap seperti nangka muda, serta kelewih tua biasanya suka diambil sisiknya untuk diolah.
41.  Kérsen adalah tumbuhan yang buahnya kecil-kecil yang rasanya manis, biasa ditemukan di daerah yang sedang.
42.  Kesemek adalah tumbuhan buah, yang buahnya enak untuk dimakan seperti sebelum dimatangan direndam dalam air apu, tumbuh ditempat yang dingin, contoh di daerah Garut.
43.  Kiara adalah pohon sejenis pohon beringin tapi daunnya lebih melebar serta daunnya agak keras.
44.  Kondang adalah sejenis pohon loa, buahnya biasa dipakai obat tajam, warnanya agak kuning bentuknya seperti bulu ayam.
45.  Koneng adalah tumbuhan akar yang seperti laja, suka digunakan untuk bumbu masak atau untuk obat maag, serta masih banyak lagi.
46.  Kopi adalah tumbuan buah yang suka digunakan untung minuman, biji kopi mengandung racun berupa cafein, dan berkhasiat unutk menghilangkan rasa kantuk.
47.  Kopo adalah pohon sejenis jambu air, daunnya yang masih muda suka dipakai untuk teman sambal.
48.  Kukuk adalah tumbuhan merambat seperti waluh dengan bunga warna putih dan buahnya berbentuk seperti kendi, dan ada pula yang panjang, kukuk yang masih muda bisa dibuat sayur.
49.  Kumis ucing adalah tumbuhan yang memiliki bunga yang menyerupai kumis kucing, bisa dipakai untuk obat ginjal.
50.  Kunci adalah tumbuhan berupa kunyit yang biasanya suka dilalap, yang juga bisa untuk bumbu makanan yang rasanya manis.
51.  Kupa adalah tumbuhan buah yang bentuk buahnya bulat sebesar kelereng, bila matang warnanya agak ke ungu-unguan, rasanya manis agag masam.
52.  Laja adalah tumbuhan berupa akar seperti kunyit, suka dipakai untuk bumbu makanan, obat untuk penyakit kulit misalnya kurap.
53.  Lampuyang adalah tumbuhan sejenis jahé yang suka dipakai untuk obat jamu anak (dicekok).
54.  Limus adalah tumbuhan buah sejenis manggah memiliki banyak serat.
55.  Loa adalah tumbuhan yang seperti beunying, buahnya enak dimakan.
56.  Lobi-lobi adalah tumbuhan yang buahnya bundar seperti kereleng, warna buah merah bila matang rasanya masam, suka dibuat manisan atau selé.
57.  Lontar adalah tumbuhan sejenis palm, yang pada jaman dahulu daunnya sering dipakai untuk menulis.
58.  Malaka adalah tumbuhan buah yang huahnya berbentuk bulat menyerupai lobi-lobi, warnanya hijau muda, rasanya kesat, tapi bila terus dikunyah menjadi manis.
59.  Manggu adalah tumbuhan buah yang buahnya hitam, bijinya putih dan sngat manis. Pohonnya besar.
60.  Marasi adalah tumbuahan seperti cangkok dengan buah yang sangat manis.
61.  Ménténg adalah bencoy putih.
62.  Muncang adalah tumbuhan biji yang menyerupai kenari, suka dipakai bumbu masakan dan mengandung minyak.
63.  Namnam adalah tumbuhan yang buahnya tumbuh dibatang bawah pohon, rasanya manis dan sekarang sudah dibuat manisan.
64.  Paria adalah tumbuhan yang merambat seperti labu, rasanya pahit tapi enak dimakan, kulitnya seperti diukir, tumbuh didaerah sedang.
65.  Patrawalik adalah tumbuhan daun yang rasanya pahit, biasanya digunakan memisahkan anak supaya tidak menyusu lagi, dengan cara getah patrawalik dioles ke putting si ibu.
66.  Pedes adalah tmbuahan seperti seureuh, buahnya suka dipakai untuk bumbu masak.
67.  Peuteuy adalah tumbuhan buah yang menyerupai jéngkol tapi panjang seperti kacang panjang, baunya tidak sedap tapi enak dimakan sebagai lalap.
68.  Pohpohan adalah tumbuhan berupa lalap dengan tangkai terbuka dan memiliki buku-buku, enak dimakan dengan pepes oncom.
69.  Putat adalah tumbuahan berupa tangkai yang rasanya agak sepet, dipakai untuk lalap.
70.  Rendang adalah tumbuhan buah yang bentuk tangkainya seperti ranting dan bentuk buahnya sebesar kelereng, bila matang warnanya merah dan rasanya asam tapi dapat membuat segar.
71.  Roay adalah tumbuhan merambat berupa kacang dan sangat banyak.
72.  Saga adalah tumbuhan yang buahnya sebesar tablet kina warnanya merah, suka digoreng dan rasanya serasa kacang.
73.  Saledri adalah tumbuhan daun yang sering digunakan untuk bumbu masak, tingginya tidak lebih dari 30 cm dan tumbuh di daerah yang dingin.
74.  Saliara adalah tumbuhan daun yang tumbuh dengan sendirinya, membentuk rumpun.
75.  Samanggén adalah  surawung.
76.  Seureuh adalah tubuhan daun yang merambat dan sering digunakan untuk nyisig, nyepah, ngalambar, juga untuk obat sakit mata dengan rendapan daunnya.
77.  Sirsak adalah tumbuhan buah yang buahnya menyerupai nangka tapi isinya berwarna putih dan enak dimakan, dan yang masih muda enak dimakan setelah dikukus.
78.  Sukun adalah tumbuhan buah yang meyerupai kelewih, isinya bisa dibuat keripik
79.  Surawung tumbuhan daun yang suka dipakai lalap, juga dipakai bumbu masak dan megandung rasa hangat.
80.  Suweng adalah tumbuahan buah yang menyerupai talas dan enak dimakan.
81.  Tagoni adalah tumbuhan daun yang menyerupai singkong tapi agak lebar dan tidak memiliki umbi, air perahannya sangat baik untuk penyakit panas.
82.  Taleus adalah tumbuhan yang memiliki umbi dan daun bagian atasnya tahan air.
83.  Tangkil adalah tumbuhan buah yang biasa digunakan untuk membuat sayur asem, rasanya sangat segar.
84.  Terong adalah tumbuah buah yang buahnya berwarna ungu bisa dimakan dengamn sambal sebagai lalap.
85.  Teureup adalah tumbuhan buah yang buahnya mirip kelewih bijinya enak dimakan setelah direbus, getah dari teureup dahulu digunakan untuk menagkap burung pipit di sawah.
86.  Tiwu adalah tumbuhan batang yang menyerupai bambu tetapi berisi, rasanya manis, merupakan bahan dasar pembuatan gula putih.
87.  Turubus adalah tumbuhan batang sejenis tebu tetapi bentuknya lebih kecil dan suka digunakn untuk sayur sop.
88.  Waluh siyem adalah tumbuhan buah yang kita kenal dengan labu syam dan sangat enak sekali untuk sayur.



Demikianlah Artikel pendahuluan 4

the life of the muslim world pendahuluan 4, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan the life of the muslim world kali ini.

Anda sedang membaca artikel pendahuluan 4 dan artikel ini url permalinknya adalah http://jumro.blogspot.com/2010/09/pendahuluan-4_30.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "pendahuluan 4"